HOME, Santai

Ingin Terhindar dari Bau ketiak yang Tidak Sedap? Yuk Gunakan Cara Ini

Ingin Terhindar dari Bau ketiak yang Tidak Sedap? Yuk Gunakan Cara Ini

MOMSMONEY.ID - Munculnya aroma atau bau ketiak yang tidak sedap tentunya dapat mengganggu kenyamanan dan mengurangi rasa percaya diri. Bau ketiak yang muncul berasal dari keringat dan kuman yang berkumpun sehingga menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Ada dua macam kelenjar keringat yang diproduksi oleh tubuh, yaitu eccrine dan apocrine. Ketika berkeringat karena berolahraga kelenjar eccrine akan mengasilkan keringat berbentuk cairan bening untuk menstabilkan suhu tubuh.

Kelenjar ini secara umum tidak menghasilkan bau. Namun, jika keringat yang dihasilkan kelenjar ini bertemu dengan beberapa bakteri atau kuman, maka bau bisa saja dihasilkan. 

Baca Juga: 4 Rekomendasi Deodorant Alami Aman Untuk Perawatan Ketiak

Sedangkan kelenjar apocrine bekerja dibawah tekanan stress. Kelenjar ini juga akan menimbulkan bau ketika bercampur dengan kuman atau bakteri karena bentuknya yang lebih tebal. Kelenjar aprocine baru akan memproduksi cairan setelah masa pubertas. 

Sebagai pencegahan, kebersihan di area ketiak juga perlu untuk diperhatikan. Membersihkan ketiak saat mandi perlu dilakukan untuk menghilangkan bakteri penyebab bau ketiak. 

Selain itu jangan lupa juga untuk selalu menggunakan pakaian bersih agar tehindar dari kuman yang menempel pada baju kotor. Apalagi jika pakaian tersebut merupakan pakaian olahraga yang penuh dengan keringat.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Deodorant Spray Wanita Terbaik, Sudah Coba?

Di samping itu, gunakan juga deodorant yang mengandung anti perspirant. Anti perspirant mengandung senyawa yang mampu mengontrol keringat berlebih. Senyawa ini menahan kelenjar keringat untuk berhenti memproduksi keringat. 

Sehingga keringat berlebih dapat dikontrol dengan baik dan tidak menghasilkan bau yang dihasilkan keringat. Gunakan deodorant anti perspirant setelah mandi dan dalam keadaan bersih. Dengan menggunakan deodorant ini keringat dan bakteri penyebab bau ketiak dapat di minimalisir.

Selanjutnya: Takut Terima Telepon? Bisa Jadi Itu Phone Anxiety, Yuk Kenali Penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News