Santai

Ingin Tahu Gangguan Skizofrenia? Tonton 5 Rekomendasi Film Ini

Ingin Tahu Gangguan Skizofrenia? Tonton 5 Rekomendasi Film Ini

MOMSMONEY.ID - Simak beberapa rekomendasi film yang mengangkat tema tentang penyakit skizofrenia.

Bagi penggemar film psikologi, tentunya sudah tidak asing dengan istilah gangguan skizofrenia.

Mayo Clinic menjelaskan, gangguan ini adalah gangguan serius di mana membuat penderitanya mengalami kesulitan untuk menginterpretasikan realitas secara normal.

Hasilnya, gangguan ini menimbulkan kombinasi halusinasi, delusi, dan gangguan fungsi tubuh.

Baca Juga: Selamat Son Hye Jin dan Hyun Bin, 6 Aktris Korea Ini Sudah Jadi Ibu lo

Untuk lebih mengenal gangguan ini, ada beberapa rekomendasi film tentang skizofrenia yang bisa ditonton, berikut daftarnya:

Shutter Island

Setelah hilangnya seorang pasien dari rumah sakit jiwa berbahaya, dua petugas kepolisian ditugaskan untuk melakukan investigasi di sana. Tak diduga, ternyata salah satu dari petugas kepolisian tersebut malah menemukan rahasia mengejutkan dari rumah sakit itu.

Shutter Island menampilkan Leonardo DiCaprio, Mark Ruffalo, Ben Kingsley, dan Michelle Williams sebagai pemeran utamanya. Film ini tak hanya menampilkan karakter dengan gangguan skizofrenia tapi juga PTSD.

Donnie Darko

Film yang dibintangi oleh Jake Gyllenhaal ini juga menampilkan karakter dengan skizofrenia. Donnie Darko memiliki gangguan kesehatan mental yang membuatnya harus menjalani terapi dan meminum obat.

Ia bahkan sering berjalan-jalan sendiri sambil mendengarkan suara kelinci raksasa yang menyatakan bahwa dunia akan berakhir. Film ini menampilkan tentang bagaimana susahnya hidup dengan gangguan skizofrenia.

A Beautiful Mind

Film yang satu ini menampilkan kisah berbeda dari kebanyakan genre skizofrenia yang menegangkan dan penuh kekerasan. A Beautiful Mind menceritakan tentang kisah seorang jenius matematika nyata yang bernama John Nash.

Dalam ceritanya ia bekerja di badan keamanan dan rahasia negara sebagai ahli dekoder. Ia bahkan mampu membaca kode rahasia di majalah. Apakah itu semua benar-benar kenyataan hidupnya?

Baca Juga: Intip Sinopsis dan Trailer Troll, Film Action Fantasi Terbaru Netflix

The Perks of Being A Wallflower

Film yang diadaptasi dari buku karya Stephen Chbosky ini mengungkap kehidupan seorang remaja bernama Charlie yang mengalami trauma atau PTSD. Ia mengalami ketakutan untuk menjalin pertemanan setelah menjadi saksi sahabatnya yang bunuh diri.

Perjalanan untuk sembuh dari trauma juga tidak mudah. Hal tersebut kemudian juga memicu munculnya gangguan lain yaitu skizofrenia. Film ini dibintangi oleh Logan Lerman, Emma Watson, dan Ezra Miller.

The Soloist

Dibintangi oleh Jamie Foxx dan Robert Downey Jr., film ini mengikuti kisah seorang musisi bertalenta bernama Ayers. Ia telah menjalani pengobatan dan terapi gangguan mental selama bertahun-tahun.

Terutama, dalam usahanya hidup dan mengalami kesulitan dari gangguan skizofrenia yang dia derita.

Itulah tadi beberapa daftar rekomendasi film yang bertema tentang gangguan skizofrenia. Jangan lupa ditonton, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News