HOME, Bugar

Ingin Sukses Saat Diet? 5 PIlihan Diet Sehat Ini Bisa Anda Coba

Ingin Sukses Saat Diet? 5 PIlihan Diet Sehat Ini Bisa Anda Coba

MOMSMONEY.ID - Menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Anda mungkin satu dari sekian banyak orang yang sedang memilih jenis diet yang tepat.

Banyaknya pilihan diet yang menjanjikan menurunkan berat badan secara drastis seringkali menjadi pembicaraan banyak orang.

Apalagi jika diet tersebut berhasil dilakukan tokoh publik seperti artis atau influencer. Tentu Anda tidak mau kan, sudah susah payah diet tetapi justru tidak menurunkan berat badan.

Agar tidak sia-sia, sebaiknya cari tahu dulu macam-macam diet, sehingga diet yang dilakukan sesuai dengan kondisi tubuhmu dan target yang telah ditentukan. 

Baca Juga: Ingin Mulai Diet? Inilah Jenis Makanan Sehat yang Cocok untuk Menu Diet

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah beberapa pilihan diet sehat yang bisa Anda coba, antara lain:

Diet Paleo

Pilihan diet sehat yang bisa Anda coba pertama adalah diet paleo. Diet paleo meyakini bahwa manusia perlu mengonsumsi makanan yang dahulu dimakan oleh manusia purbakala.

Beberapa makanan yang diperbolehkan adalah buah-buahan, sayur-mayur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan protein rendah lemak. 

Saat menjalani diet paleo, Anda tidak dianjurkan mengonsumsi gula, produk susu, produk gandum, dan makanan yang diproses.

Diet Vegan

Pilihan diet sehat yang bisa Anda coba kedua adalah diet vegan. Diet vegan mengonsumsi segala macam sayuran dan tumbuhan, serta tidak mengonsumsi apa pun yang berasal dari hewan.

Selain sebagai pola makan, diet vegan juga merupakan cara hidup seseorang yang menjunjung keseimbangan lingkungan dan menghindari perilaku tidak etis pada hewan. 

Diet Keto

Pilihan diet sehat yang bisa Anda coba ketiga adalah diet keto. Diet keto adalah diet yang dilakukan dengan cara menerapkan pola makan rendah karbohidrat, namun tinggi lemak.

Metode diet ini kian populer karena dianggap cepat menurunkan berat badan. Diet keto tergolong aman dan efektif, terutama oleh penderita kelebihan berat badan atau obesitas.  

Baca Juga: Bikin Sehat! Inilah 5 Makanan Rendah Kalori yang Baik untuk Diet

Diet Zone

Pilihan diet sehat yang bisa Anda coba keempat adalah diet zone. Diet Zone menekankan keseimbangan asupan karbohidrat (40%), lemak (30%), dan protein (30%) dalam setiap makan.

Diet zone bisa mengontrol insulin darah yang berdampak baik menurunkan berat badan. Karbohidrat yang digunakan dalam diet ini adalah karbohidrat berkualitas baik yang belum diproses. 

Diet DEBM (Diet Enak Bahagia dan Menyenangkan)

Pilihan diet sehat yang bisa Anda coba terakhir adalah diet DEBM. Diet DEBM juga mengurangi asupan karbohidrat dan gula, serta memperbanyak asupan protein dan lemak. 

Meski efektivitas metode diet DEBM sendiri belum didukung hasil penelitian yang kuat, metode diet rendah karbohidrat memang telah terbukti efektif untuk menurunkan berat badan.  

Pilihlah diet ini bisa dijadikan pola makan sehari-hari dan pilihlan yang membuat Anda nyaman untuk menjalani dalam jangka waktu panjang.

Itulah beberapa pilhan diet sehat yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News