HOME, Keluarga

Ingin Rumah Terlihat Mewah dan Elegan? Hindari Kesalahan Dekorasi Ini

Ingin Rumah Terlihat Mewah dan Elegan? Hindari Kesalahan Dekorasi Ini

MOMSMONEY.ID - Memiliki rumah yang terlihat mewah dan elegan merupakan impian bagi sebagian besar orang. Pasalnya, rumah yang mewah akan terasa mahal dan dapat meningkatkan prestise pemiliknya.

Masalahnya, para pemilik rumah kerap melakukan kesalahan-kesalahan tertentu ketika mendekorasi rumah, sehingga rumah tersebut terlihat biasa-biasa saja, bahkan murahan. Kalau sudah begini, tentu rumah tersebut akan kehilangan kesan elegannya.

Jadi, apa saja kesalahan yang harus dihindari supaya rumah terlihat mewah dan elegan? Dirangkum dari MyDomaine dan The Spruce, berikut penjelasannya.

Baca Juga: 5 Kesalahan Saat Membeli Furnitur yang Harus Dihindari

Menggunakan furnitur yang tidak cocok

Furnitur sangat menentukan tampilan interior rumah. Jika Anda menggunakan furnitur yang salah dari segi ukuran, desain, atau warna, tampilan interior rumah Anda akan terasa aneh, bahkan murahan.

Solusinya, pertimbangkan baik-baik ukuran dan desain dari furnitur yang akan digunakan, sehingga furnitur tersebut akan terlihat cocok saat ditempatkan di rumah. Jangan ragu untuk melakukan riset secara teliti hingga Anda menemukan furnitur yang pas.

Menggunakan wall art secara asal-asalan

Rumah-rumah yang mewah dan elegan kerap menggunakan wall art yang terkesan megah dan mahal. Pemilihan wall art ini pun perlu diperhatikan supaya interior rumah tidak terlihat murahan.

Hindari menggunakan wall art murah yang biasa dijumpai di toko-toko, karena akan terlihat sangat pasaran dan biasa-biasa saja. Carilah jasa wall art yang bisa membuat desain secara custom supaya rumah Anda tampil beda.

Jika Anda malas mengeluarkan banyak uang untuk membeli custom wall art, coba gunakan bingkai atau pigura yang seragam untuk wall art yang sudah ada di rumah. Jika terlihat seragam, wall art di rumah Anda pun akan memberi kesan elegan.

Menggunakan karpet berukuran kecil

Beberapa rumah kerap menggunakan karpet untuk mengalasi ruangan tertentu, misalnya ruang keluarga atau ruang tamu. Sama seperti furnitur, ukuran karpet juga berpengaruh pada tampilan interior rumah.

Penggunaan karpet yang terlalu kecil bisa membuat ruangan tersebut terasa kurang proporsional, sehingga terlihat murahan. Jadi, jika Anda ingin menggunakan karpet di suatu ruangan, gunakan karpet dengan ukuran yang sesuai dan proporsional dengan ruangan yang ditempatinya.

Baca Juga: Bingung Menentukan Tipe Rumah yang Cocok? Ini Panduan Singkatnya

Menggunakan terlalu banyak dekorasi

Walaupun rumah mewah identik dengan beragam dekorasi di sana-sini, bukan berarti hal tersebut akan selalu cocok untuk rumah Anda. Pasalnya, penggunaan dekorasi yang berlebihan justru rentan membuat ruangan terasa berantakan, penuh, dan norak.

Solusinya, selalu gunakan prinsip less is more (lebih sedikit, lebih baik). Jika Anda punya terlalu banyak pernak-pernik dekorasi, pastikan Anda hanya gunakan dekorasi yang menurut Anda akan terlihat cantik di rumah.

Salah mengatur pencahayaan di rumah

Hal ini mungkin terdengar sepele, tapi faktor pencahayaan bisa berpengaruh terhadap kesan yang dihadirkan suatu ruangan, lo. Jika ruangan tersebut menggunakan pencahayaan yang salah, kesan murahan dan tidak nyaman bisa saja muncul.

Misalnya, lampu yang terlalu terang akan kurang cocok untuk kamar tidur, sedangkan lampu yang redup akan kurang cocok untuk ruang keluarga. Pilihlah model lampu yang sesuai dengan kebutuhan tiap ruangan, sehingga Anda akan nyaman berada di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News