HOME, Santai

Ingin Rambut Sehat dan Berkilau, Yuk Lakukan Perawatan dengan Air Beras

Ingin Rambut Sehat dan Berkilau, Yuk Lakukan Perawatan dengan Air Beras

MOMSMONEY.ID - Air beras memiliki segudang manfaat yang berguna bagi rambut. Sudah digunakan sejak lama oleh masyarakat China dan Jepang, air beras dapat membuat rambut lembut dan berkilau. Selain itu, dapat membuat rambut tumbuh lebih cepat.

Medical News Today menyatakan, bahwa air beras memiliki banyak vitamin dan mineral yang dihasilkan oleh beras. Vitamin E, vitamin B, amino acids, mineral, hingga antioxidants merupakan vitamin dan mineral yang terkandung pada air beras.

Bermula dari kebiasaan lawas masyarakat Jepang pada masa Heian yang memiliki rambut sehat dan berkilau hanya dengan menggunakan air beras, banyak ahli kecantikan hingga peneliti penasaran dengan manfaat yang diberikan air beras ini.

Baca Juga: Banyak Manfaat, Ketahui Manfaat Sisir Kayu Bagi Rambut

Melansir dari Health Line, inositol yang merupakan kandungan yang ditemukan pada air beras memiliki manfaat untuk memperbaiki rambut rusak dari dalam dan luar. Selain itu kerusakan rambut juga dapat diminimalisir dengan rutin menggunakan air beras.

Cara membuatnya pun juga mudah. Siapkan beras secukupnya, bilas 1-2 kali dengan menggunakan air bersih untuk membersihkan dari kotoran yang menempel pada beras. Lalu pada wadah, campurkan air dan beras dan diamkan 12-24 jam. Maka larutan air beras ini sudah dapat Anda gunakan.

Anda bisa menyimpannya pada kulkas dan jika mau. Di samping itu Anda bisa menambahnya dengan wewangian atau lemon untuk meminimalisir bau. Jangan simpan lebih dari 24 jam pada suhu ruangan agar kesegaran dan manfaat yang diberikan air beras ini maksimal.

Baca Juga: Moms Ketahui Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu berkeramas seperti biasa dengan menggunakan shampoo dan kondisioner. Setelah dibilas bersih, Anda bisa menuangkan air beras pada kepala Anda. 

Fokus pada kulit kepala Anda dan berikan pijatan ringan pada bagian kepala hingga ujung rambut. Diamkan selama 20 menit dan bilas bersih dengan menggunakan air hangat. 
Setelahnya rambut Anda akan terlihat lebih lembut, halus, dan bersinar. Selain itu masalah rambut kusut, rambut rontok, dan patah juga akan berkurang jika Anda menggunakan larutan air beras ini secara rutin 1-2 kali dalam seminggu.

Selanjutnya: Munculkan Sex Appeal Dengan Cara Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News