Ingin Rambut Kuat dan Halus? Pahami 4 Manfaat Tea Tree Oil untuk Rambut

Reporter: Rizka Noveliana
Senin, 19 September 2022 | 14:10 WIB
Ingin Rambut Kuat dan Halus? Pahami 4 Manfaat Tea Tree Oil untuk Rambut


MOMSMONEY.ID - Tea tree oil cukup populer dikalangan beauty enthusiast. Hal ini karena tea tree oil tidak hanya dimanfaatkan untuk perawatan kulit wajah dan tubuh saja, tetapi perawatan rambut pun juga. Tea tree oil mempunyai sifat antiseptik, antijamur, antibakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan rambut.

Agar lebih memahami tentang manfaat tea tree oil untuk perawatan rambut rutin Anda. Melansir dari cnfstore.com, simak manfaat tea tree oil untuk rambut di sini. 

1. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Pertama, manfaat tea tree oil untuk rambut yaitu merangsang pertubuhan rambut. Tea tree oil dapat mencegah hilangnya protein pada rambut untuk menghasilkan rambut tetap sehat dan kuat. Anda yang memiliki rambut tipis dan rontok bisa mencoba perawatan rambut berbahan tea tree oil.

Ambil beberapa tetes dan campurkan pada minyak esensial seperti rosemary oil, atau minyak zaitun dan pijat pada kulit kepala. Perawatan rambut seperti ini akan membantu membuka folikel rambut, menutrisi akar, dan membantu induksi pertumbuhan rambut oleh kulit kepala. 

2. Membuat Rambut Lembap dan Halus

Manfaat tea tree oil untuk rambut selanjutnya adalah membuat rambut lembap dan halus. Tea tree oil memiliki sifat ringan dan menghidrasi sehingga cocok untuk semua jenis rambut. Khasiat tea tree oil untuk membuat rambut terasa halus, lembut dan lembap rambut jika diaplikasikan dengan manfaat aloe vera.

Campuran dua bahan alami ini dapat dijadikan sebagai masker rambut yang mampu membersihkan rambut secara tuntas. Cara pengaplikasiannya dengan meneteskan 4-5 tetes tea tree oil dan setengah cangkir gel lidah buaya.

Kemudian, campurkan bahan-bahan tersebut ke dalam mangkuk dan oleskan dari akar hingga ke ujung rambut. Selanjutnya, Diamkan selama 30-45 menit dan terakhir bilas sampai bersih dengan air dan sampo. 

Baca Juga: 4 Rekomedasi Moisturizer Tanpa SPF Buat Kulit Lembab Pagi & Malam Hari

3. Menghilangkan Ketombe

Punya masalah dengan ketombe? Tea tree oil bisa menjadi solusi yang tepat untuk menghilangkan ketombe. Bakteri dan jamur penyebab ketombe dapat dihilangkan dengan kandungan anti bakteri dan anti jamur dalam tea tree oil.

Pemakaian tea tree oil mampu menghilangkan penyebab kekeringan pada kulit kepala dan pengelupasan di kulit kepala. Selain itu juga berguna untuk menghilangkan gatal akibat ketombe hingga mengatasi masalah kutu rambut.

Gunakan beberapa tetes tea tree oil pada sampo Anda. Kemudian, oleskan pada kulit kepala dan pijat dengan lembut. Selanjutnya, diamkan selama 5-7 menit dan terakhir bilas dengan air bersih.

4. Mengatasi Rambut Rontok 

Manfaat tea tree oil  untuk rambut lainnya adalah dapat mengatasi rambut rontok. Rambut yang mudah rontok biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri dan jamur serta peredaran darah yang tidak lancar. Caranya dengan menuangkan beberapa tetes tea tree oil pada telapak tangan.

Gosok secara perlahan dan oleskan pada kulit kepala sambil dipijat. Cara ini dapat membasmi bakteri dan jamur yang merusak rambut dan kulit kepala. Pijatan pada rambut berguna untuk melancarkan sirkulasi darah  Anda bisa melakukan perawatan ini setiap malam untuk segera merasakan manfaatnya untuk rambut semakin panjang, lebat, dan indah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER