HOME, Bugar

Ingin Punya Momongan? Hindari 5 Hal Ini karena Dapat Mempengaruhi Kesuburan Wanita

Ingin Punya Momongan? Hindari 5 Hal Ini karena Dapat Mempengaruhi Kesuburan Wanita

MOMSMONEY.ID - Kesuburan wanita atau infertilitas wanita merupakan salah satu penyebab sulitnya pasangan untuk memiliki keturunan.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai masalah pada sistem reproduksi wanita, misalnya gangguan hormon dan kelainan pada organ reproduksi.

Seorang wanita dapat dikatakan mengalami infertilitas apabila ia tidak kunjung hamil, meski sudah rutin berhubungan seksual atau sudah menjalani program hamil selama 1 tahun atau lebih.

Baca Juga: Segudang Manfaat Labu Kuning untuk Ibu Hamil

Dilansir dari Pregnant Education, inilah beberapa faktor penting yang mempengaruhi kesuburan wanita, antara lain: 

1. Obesitas 

Faktor penting yang memengaruhi kesuburan wanita yang pertama adalah obesitas. Obesitas bisa memengaruhi produksi hormon sehingga kehamilan sulit didapatkan.

Wanita di usia 18 ke atas dan mengalami obesitas akan cenderung mengidap polycystic ovary syndrome (PCOS) dan bisa mengakibatkan sulit untuk hamil. 

2. Terlalu kurus

Faktor penting yang memengaruhi kesuburan wanita kedua adalah terlalu kurus. Bukan hanya obesitas, terlalu kurus juga tidak bagus karena akan berpengaruh hormon.

Tubuh yang terlalu kurus biasanya kekurangan hormon leptin, hormon yang mengontrol rasa lapar dan kenyang. Hormon tersebut juga memengaruhi masa menstruasi.

3. Faktor keturunan

Faktor penting yang memengaruhi kesuburan wanita ketiga adalah adanya faktor keturunan. Tanyakan pada ibumu di usia berapa ia mencapai masa menopause.

Jika ia memulainya di usia yang tergolong muda, kemungkinan besar Anda juga. Faktor genetik memang berpengaruh pada banyak atau sedikitnya jumlah sel telur yang dimiliki. 

Baca Juga: Catat! 5 Asupan Gizi Penting yang Dibutuhkan Ibu Hamil

4. Merokok

Faktor penting yang memengaruhi kesuburan wanita keempat adalah kebiasaan merokok. Merokok bisa mengganggu perkembangan janin dan juga menurunkan peluang kehamilan. 

Merokok juga diketahui akan mengacaukan hormon dan membuat DNA menjadi tidak berfungsi, baik pada pria atau wanita.

5. Olahraga berat

Faktor penting yang memengaruhi kesuburan wanita terakhir adalah efek dari olahraga berat. Berolahraga rutin memang membantu menjaga berat badan, kuat, dan berenergi.

Semua itu diperlukan bahkan pada masa kehamilan. Tetapi, jika Anda berolahraga terlalu berat, justru akan berdampak buruk pada proses ovulasi.

Jika masih bisa diobati, dokter mungkin akan memberikan penanganan melalui obat-obatan, terapi hormon, atau operasi untuk mengatasi infertilitas wanita.

Selain itu, untuk meningkatkan peluang hamil, dokter mungkin juga akan menyarankan program bayi tabung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News