Santai

Ingin Perut Rata dan Sixpacks? Terapkan 5 Tips Membentuk Otot Perut

Ingin Perut Rata dan Sixpacks? Terapkan 5 Tips Membentuk Otot Perut

MOMSMONEY.ID - Lagi usaha untuk membuat abs atau otot perut? Coba simak beberapa tips membentuk otot perut.

Untuk mendapatkan perut rata dan berotot, bukan hal yang mudah dan bisa diperoleh secara instan. Anda perlu melakukan beberapa cara untuk membentuk abs atau otot perut agar bisa terlihat six-pack dan berotot.

Bagi yang sedang menjalankan program diet dan ingin mendapatkan otot perut rata, ada beberapa tips dan cara yang perlu diperhatikan:

Kurangi gula

Gula dan jenis makanan manis lainnya memiliki kalori lebih tinggi yang bisa menyumbang lemak dalam tubuh. Selain itu, efek samping terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis adalah mempengaruhi hormon dan menyebabkan stres.

Ketika stres, tubuh akan lebih sulit untuk menjadi sehat, termasuk dalam proses pembentukan otot pun juga bisa terpengaruh.

Cobalah pilih makanan dengan rendah gula atau bahkan hindari makan makanan dan minuman yang mengandung tinggi gula.

Baca Juga: Suka Mandi Air Hangat Tanda Kesepian lo, Cari Tahu Tanda Lainnya di Sini

Perhatikan pola makan

Pola makan atau diet menjadi kunci penting yang berpengaruh pada pembentukan otot perut atau abs, agar bisa mendapatkan perut rata perlu untuk mengurangi persentase lemak pada tubuh.

Sedangkan untuk membakar lemak yang ada di tubuh, cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan kalori defisit. Proses tersebut artinya mengonsumsi sedikit makanan atau kalori daripada yang dibakar tubuh.

Baca Juga: Ini 6 Rahasia Seks Tahan Lama, Cocok Buat Pasutri

Pilih sumber makanan 

Melansir dari laman Insider, ada beberapa jenis sumber makanan yang bisa membantu pertumbuhan otot perut atau abs. Pilih protein tanpa lemak seperti ikan, dada ayam, kacang, dan biji-bijian.

Nasi bisa diganti dengan karbohidrat sehat lainnya dari gandum seperti oat dan jangan lupa konsumsi vitamin dari buah-buahan dan sayur.

Perhatikan juga porsi makanan serta hindari over-eating. Terakhir, jangan lupa untuk minum air putih dibanding minuman manis dengan kalori tinggi.

Latih otot perut

Untuk mendapatkan otot perut tentu hanya akan berhasil jika otot perut itu dilatih. Pastikan agar semua jenis olahraga yang dipilih memiliki fokus pada area perut dan melatih otot perut atau abs.

Laman Women’s Health juga menyarankan, agar saat berlatih otot perut, pastikan untuk tidak hanya fokus pada area perut bawah atau atas saja.

Latih seluruh kekuatan dan otot perut pada setiap bagian, agar bentuk abs atau otot perut bisa muncul. Plank, gerakan twist, dan crunches bisa dipilih untuk latihan otot perut.

Lakukan cardio

Cara lain untuk mendapatkan otot perut tentu harus dengan berolah raga. Pertama-tama lakukan olahraga kardio yang bertujuan untuk mengurangi persentase lemak dalam tubuh.

Olahraga kardio seperti aerobik, lari, dan jogging dikenal cepat untuk membakar lemak jika dilakukan dengan rutin. Cobalah pilih olahraga kardio dengan tingkat medium ke tinggi, agar kalori dan lemak dalam tubuh lebih banyak terbakar.

Walau cara dan tips di atas bisa digunakan untuk membangun otot perut atau abs, namun ingat, tidak ada cara instan yang bisa dilakukan untuk memiliki abs dalam sehari, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News