Bugar

Ingin Meredakan Asam Lambung? Ini 5 Makanan yang Bisa Meredakan Asam Lambung

Ingin Meredakan Asam Lambung? Ini 5 Makanan yang Bisa Meredakan Asam Lambung

MOMSMONEY.ID - Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah gangguan kesehatan yang cukup sering menyerang orang dewasa.   

Beberapa gejala dapat menimbulkan nyeri ulu hati (heartburn), sensasi panas atau perih di dada hingga kerongkongan, termasuk rasa pahit dan asam muncul di pangkal tenggorokan.   

Untuk mencegah atau meringankan gejala asam lambung, para penderita penyakit ini harus menerapkan gaya hidup sehat dan pola makan yang baik.  

Baca Juga: Jangan Coba-Coba Dikonsumsi, 5 Makanan Ini Wajib Dihindari Penderita Asam Lambung

Melansir Health Line dan Web MD, berikut ini adalah beberapa makanan meredakan asam lambung yang baik dikonsumsi, antara lain: 

Jahe 

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dipercaya dapat menjadi pengobatan alami penyakit asam lambung, sakit mag, maupun masalah pencernaan lainnya.

Para penderita asam lambung bisa menambahkan parutan atau irisan jahe ke dalam menu makanan sehar-hari sebagai bagian dari cara menurunkan asam lambung.  

Melon 

Melon juga termasuk buah yang baik dikonsumsi penderita asam lambung. Melon termasuk makanan sumber magnesium, yakni mineral yang sering ditemukan di berbagai obat asam lambung.

Refluks asam lambung adalah kondisi yang terjadi ketika cairan asam di lambung bocor dan mengalir naik balik ke kerongkongan (esofagus). 

Air putih 

Terkadang, solusi paling sederhana bisa menjadi pilihan yang paling masuk akal. PH sebagian besar air adalah netral, atau 7,0, yang dapat membantu meningkatkan pH makanan yang bersifat asam. 

Baca Juga: Wajib Dicoba! Ini Dia Manfaat Susu Kedelai untuk Penderita Asam Lambung

Yogurt 

Melansir Medical News Today, produk susu, seperti yogurt terkadang dapat mengurangi gejala refluks asam lambung. Yogurt sendiri mengandung probiotik yang dapat menenangkan usus.

Tapi memang belum tersedia bukti penelitian medis yang cukup untuk membuktikan manfaat probiotik dalam mengatasi penyakit asam lambung.  

Lidah buaya 

Tak hanya bermanfaat untuk masalah kecantikan, lidah buaya juga dapat bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan, termasuk penyakit asam lambung.

Berdasar penelitian dalam Journal of Enviromental Science and Health, mengonsumsi jus lidah buaya bisa membantu mencegah lonjakan asam lambung karena komponen anti-inflamasinya.

Penderita asam lambung juga perlu menghindari kebiasaan yang dapat memicu kenaikan asam lambung, seperti merokok, minum alkohol, termasuk tidur setelah makan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News