Bugar

Ingin Menjaga Kesehatan Jantung? Coba Rutin Konsums 5 Buah Ini

Ingin Menjaga Kesehatan Jantung? Coba Rutin Konsums 5 Buah Ini

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa buah untuk menyehatkan jantung yang bisa Anda konsumsi secara rutin.

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Penyakit jantung disebut sebagai penyebab kematian nomor dua di Indonesia setelah stroke. 

Berbicara penyakit jantung, tentunya banyak faktor penyebabnya. Salah satunya adalah pola makan yang buruk, sehingga menimbulkan penyakit yang memicu penyakit jantung.  

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah beberapa jenis buah untuk menjaga kesehatan jantung yang bisa Anda konsumsi secara rutin, antara lain: 

Baca Juga: 4 Tahapan untuk Diet Atkins, Kenali Dulu Sebelum Mencoba

1. Apel

Apel mengandung serat larut, yaitu jenis serat yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Apel juga mengandung polifenol (zat kimia pada tumbuhan), yang memiliki efek antioksidan. 

Anda disarankan untuk mengonsumsi apel, beserta kulitnya karena bisa menurunkan tekanan darah. Buah apel juga mampu mengurangi kadar oksidasi LDL (kolesterol jahat). 

2. Pisang

Pisang kaya akan vitamin C, vitamin B6, dan kalium. Kalium merupakan mineral yang memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah dan melemaskan dinding pembuluh darah.

Kombinasi natrium rendah dan kalium tinggi ini dapat membantu mengendalikan tekanan darah agar tetap stabil, sehingga risiko terkena penyakit jantung pun berkurang.  

3. Jeruk

Jeruk yang sangat menyegarkan dan mengandung banyak air ini, bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh, menyehatkan kulit, menurunkan kadar kolesterol, hingga baik untuk jantung.

Jeruk mengandung vitamin C, serat, kalium, dan kolin. Semua komponen ini sangatlah menyehatkan untuk jantung. 

Baca Juga: Jaga Berat Badan, Ini Sederet Manfaat Kacang Kenari untuk Kesehatan Tubuh

4. Alpukat

Alpukat memang mengandung lemak. Namun, jenis lemak yang terkandung di dalamnya adalah jenis lemak sehat yang disebut lemak tak jenuh tunggal.

Tak hanya itu, buah ini juga dapat meningkatkan kadar lemak baik (HDL) dalam tubuh, serta kaya akan antioksidan dan kalium yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. 

5. Manggis

Kulit manggis (bukan dagingnya) memiliki manfaat yang baik bagi jantung. Kulit manggis yang telah di ekstrak mengandung zat xanthones.

Zat ini mengandung antioksidan super yang bisa membantu untuk mengobati penyakit jantung.   

Inilah beberapa buah untuk menjaga kesehatan jantung yang bisa Anda konsumsi secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News