ads

Ingin Mengusir Nyamuk dari Rumah? Gunakan 6 Bau Ini!

Reporter: Kania Paramahita
Senin, 13 Juni 2022 | 17:41 WIB
Ingin Mengusir Nyamuk dari Rumah? Gunakan 6 Bau Ini!

ILUSTRASI. Berikut jenis bau-bauan yang dikenal ampuh mengusir nyamuk dari rumah.


MOMSMONEY.ID - Nyamuk merupakan salah satu serangga yang banyak dijumpai di negara tropis seperti Indonesia, terutama di musim hujan. Selain bunyinya yang bising, keberadaan nyamuk juga cukup merugikan manusia karena mereka kerap membuat kulit gatal dan menularkan penyakit seperti demam berdarah.

Oleh karena itu, tak heran bila banyak orang yang mencari cara untuk mengusir hewan yang satu ini dari rumah.

Untuk mengusir nyamuk dari rumah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan bau-bauan tertentu yang tidak mereka sukai.

Bau-bauan apa saja yang dimaksud? Simak penjelasannya berikut ini, yuk!

Lavender

Ketika membicarakan bau yang tidak disukai nyamuk, bau lavender mungkin menjadi hal pertama yang muncul di pikiran Anda. Memang, dilansir dari Pest Pointers, nyamuk terkenal tidak menyukai bau bunga yang satu ini.

Jika tidak memungkinkan untuk menanam lavender di rumah, Anda bisa menggunakan essential oil dengan diffuser untuk membantu mengusir nyamuk.

Baca Juga: Rekomendasi Toko Online yang Menjual Pot Tanaman Hias Rumah

Peppermint

Dikutip dari Bustle, peppermint merupakan salah satu bau yang banyak digunakan untuk mengusir serangga, termasuk nyamuk. Sama seperti lavender, Anda bisa menanam tanaman mint di rumah atau menggunakan essential oil beraroma peppermint.

Geranium

Geranium adalah tanaman bunga yang terkenal dengan bentuk kelopaknya yang rimbun dan saling bertumpuk, sehingga terlihat cantik. Bunga ini kerap digunakan sebagai bahan dalam lotion anti-nyamuk, sehingga Anda bisa menggunakan bau bunga ini sebagai pengusir nyamuk.

Baca Juga: 5 Cara Mengakali Dapur Sempit Supaya Terasa Lebih Lapang dan Nyaman

Kayu manis

Kayu manis tidak hanya bermanfaat sebagai rempah yang wangi untuk makanan dan minuman, tapi baunya juga ampuh mengusir nyamuk. Selain itu, mengutip Healthline, minyak kayu manis bisa digunakan untuk membunuh jentik nyamuk, lo.

Sereh

Sereh memiliki wangi khas yang dapat membantu mengusir serangga seperti nyamuk. Anda bisa menggunakan sereh dalam berbagai bentuk, seperti sabun, lilin, hingga essential oil yang digunakan pada diffuser.

Eukaliptus

Belakangan, eucalyptus atau eukaliptus banyak digunakan sebagai aromaterapi untuk mengatasi berbagai masalah pernapasan. Tak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan essential oil dengan wangi eucalyptus atau eukaliptus untuk membantu mengusir nyamuk di rumah.

Itulah beberapa bau yang tidak disukai nyamuk sehingga Anda bisa menggunakannya untuk mengusir nyamuk dari rumah. Semoga penjelasan di atas bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TERPOPULER