HOME, Bugar

Ingin Mengurangi Konsumsi Makanan Kemasan, Ini Dia 3 Tips Mudahnya

Ingin Mengurangi Konsumsi Makanan Kemasan, Ini Dia 3 Tips Mudahnya

MOMSMONEY.ID - Mengurangi makanan proses atau makanan dalam kemasan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Apalagi dengan praktis dan efisiennya waktu yang dibutuhkan untuk memperoleh makanan yang enak dan cepat, membuat makanan jenis ini jadi semakin susah untuk dihindari.

Makanan proses adalah semua makanan yang diproses di pabrik, dalam kaleng, dibekukan, maupun di pasteurisasi. Sayuran dan buah-buahan kemasan juga termasuk dalam makanan proses, lo moms. 

Namun, beberapa makanan yang diproses ini tentunya memiliki efek samping jangka panjang karena terlalu banyaknya kandungan gula, garam, pemanis tambahan maupun zat pengawet lainnya.

Baca Juga: Diet Detox Itu Apa, Sih?

Untuk meningkatkan gaya hidup sehat yang sangat dibutuhkan saat ini, ada baiknya untuk mulai mengurangi konsumsi makanan proses. Walaupun membutuhkan konsistensi, berikut ada 3 cara mudah yang direkomendasikan healtline untuk memulai membiasakan diri mengurangi makanan proses. 

Menyediakan snack sehat dirumah
Mengubah snack atau makanan ringan dengan buah-buahan segar atau kacang-kacangan sehat dapat menjadi alternatif pertama. Tips kecil dari MomsMoney adalah dengan meletakkan snack sehat di tempat yang mudah dijangkau dan dapat terlihat langsung oleh mata. 

Jika memiliki rak penyimpanan makanan, letakkan snack yang kurang sehat pada bagian belakang rak. Sehingga akan lebih mudah untuk menjangkau snack sehat yang berada tepat di depan mata. 

Baca Juga: Ini Ciri-Ciri Makanan Sehat

Perbanyak konsumsi air mineral
Minuman kaleng seperti soda, teh dalam kemasan, maupun jus dalam kemasan memiliki banyak kandungan gula dan pengawet. Minuman ini memiliki kalori yang tinggi dan rendah akan nutrisi. 

Mengubah minuman proses tersebut dengan air mineral adalah pilihan mudah dan murah yang dapat dilakukan. Dengan memperbanyak konsumsi air mineral, maka Anda dapat mengurangi jumlah makanan proses yang Anda konsumsi. 

Sebagai tips tambahan, jika Anda tidak terbiasa dengan rasa tawar pada air mineral, maka sparkling water atau infused water dapat dijadikan opsi sehat juga. 

Atur makanan yang ingin Anda konsumsi
Mengatur makanan atau yang lebih dikenal dengan istilah meal prepping adalah cara efisien yang dapat dilakukan untuk mengubah dan mengurangi konsumsi makanan proses. Anda dapat mengatur makanan apa saja yang akan Anda konsumsi untuk seminggu kedepan.

Dengan menyiapkan makanan Anda, maka kebutuhan untuk mengkonsumsi makanan proses dan instan pun dapat diminimalisir. Anda juga dapat menghemat uang Anda karena bahan bahan alami dan natural cenderung murah dan dapat ditemukan dimana-mana.

Selanjutnya: Sedang Isolasi Mandiri? Ketahui Kapan Isolasi Mandiri Bisa Berakhir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News