CLOSE [X]
ads

Ingin Menggunakan Wallpaper di Kamar Mandi? Simak Tipsnya Dulu, Yuk!

Reporter: Kania Paramahita
Selasa, 28 Juni 2022 | 17:55 WIB
Ingin Menggunakan Wallpaper di Kamar Mandi? Simak Tipsnya Dulu, Yuk!

ILUSTRASI. Berikut tips menggunakan wallpaper di kamar mandi.


MOMSMONEY.ID - Dari berbagai area yang ada di rumah, mungkin kamar mandi merupakan area yang tidak terpikirkan sebagai tempat untuk memasang wallpaper. Tak heran, sebab kamar mandi identik dengan suasana yang basah dan lembap, sehingga terlihat kurang ideal untuk dipasangi wallpaper.

Padahal, tak ada salahnya menggunakan wallpaper di kamar mandi. Dengan penggunaan wallpaper, kamar mandi di rumah Anda bisa terlihat makin menarik.

Walaupun begitu, ada beberapa hal yang tetap harus diperhatikan supaya wallpaper yang dipasang di kamar mandi selalu awet dan terlihat menarik. Mengutip penjelasan dari The Spruce, Architectural Digest, dan House Beautiful, berikut tipsnya:

Baca Juga: 6 Rekomendasi Warna Keramik yang Tidak Gampang Terlihat Kotor

Gunakan wallpaper tahan air

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kamar mandi termasuk area yang identik dengan basah dan lembap.

Untuk meminimalisir risiko wallpaper yang terkelupas dan lepas dari dinding, Anda bisa menggunakan wallpaper yang tahan terhadap air. Biasanya, wallpaper seperti ini didesain untuk area yang basah dan lembap seperti kamar mandi.

Perhatikan penempatannya

Walaupun menggunakan wallpaper tahan air, bukan berarti Anda bisa menggunakannya di seluruh bagian kamar mandi dan tetap perhatikan penempatan wallpaper tersebut.

Sebisa mungkin, hindari menempatkan wallpaper di area yang rentan terkena air, misalnya wastafel, area bathtub, dan shower. Meskipun tahan air, wallpaper bisa saja terkelupas jika terkena basah terus-menerus.

Baca Juga: 5 Kesalahan Saat Membersihkan Dapur yang Perlu Dihindari

Pertimbangkan pemilihan warna dan motif

Sama seperti ruangan lainnya di rumah, jangan lupa untuk mempertimbangkan warna dan motif wallpaper yang tepat untuk kamar mandi.

Misalnya, hindari wallpaper dengan motif dan warna yang terlalu mencolok karena akan membuat kamar mandi terkesan ramai. Sebaiknya, pilihlah warna atau motif yang lebih simpel sehingga kamar mandi terasa lebih nyaman.

Jaga kelembapan udara di kamar mandi

Terakhir, Anda perlu menjaga kadar kelembapan udara di kamar mandi supaya wallpaper tidak mudah lepas dari dinding.

Sebagai contoh, Anda bisa memasang exhaust fan untuk menjaga udara di kamar mandi tetap kering. Atau, gunakan dehumidifier atau alat pengurang kelembapan udara setiap beberapa hari sekali.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan saat menggunakan wallpaper di kamar mandi. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER