Keluarga

Ingin Menggunakan Tempat Tidur Tingkat di Kamar Anak? Ini Plus dan Minusnya

Ingin Menggunakan Tempat Tidur Tingkat di Kamar Anak? Ini Plus dan Minusnya

MOMSMONEY.ID - Bunk bed atau tempat tidur bertingkat adalah salah satu furnitur yang umumnya diinginkan anak-anak di kamar mereka.

Hal tersebut wajar, sebab tempat tidur bertingkat memiliki desain unik yang dapat menarik perhatian anak dan mengakomodasi kebutuhan anak untuk bergerak secara aktif.

Nah, jika Anda sedang mempertimbangkan untuk membeli tempat tidur tingkat untuk anak, lebih baik perhatikan dulu kelebihan dan kekurangan dari tempat tidur jenis ini. Dirangkum dari nestdesign.co.za, roomtogrow.uk, dan Happy Beds UK, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Ada Dinding Kosong di Atas Tempat Tidur? Manfaatkan dengan Cara Ini!

Kelebihan Tempat Tidur Tingkat

Menghemat ruang

Salah satu keuntungan dari tempat tidur tingkat adalah mampu menghemat ruang pada kamar, sehingga ada area yang lebih luas untuk beraktivitas dan meletakkan barang lain di kamar. Sisa area tersebut juga bisa digunakan untuk kasur tambahan saat ada teman yang menginap di rumah.

Melatih tanggung jawab

Karena terdiri dari dua tempat tidur yang terpisah, anak-anak dapat bertanggungjawab atas tempat tidurnya sendiri. Mereka juga dapat menggunakan sprei atau pernak-pernik yang mencerminkan kepribadiannya.

Menjaga privasi anak

Tempat tidur yang terpisah di bagian atas dan bawah memungkinkan setiap anak memiliki privasi sendiri-sendiri tanpa khawatir saling tergganggu. Selain itu, orangtua dapat mengurus masing-masing anak secara terpisah bila terjadi sesuatu (misalnya anak sakit atau mengompol) tanpa takut mengganggu anak lainnya.

Mudah dibongkar-pasang

Beberapa model tempat tidur tingkat memiliki desain yang bisa dibongkar-pasang, sehingga tempat tidur tingkat bisa diubah menjadi dua single bed terpisah bila diperlukan.

Menyenangkan anak

Desain tempat tidur tingkat yang dilengkapi tangga menjadi daya tarik sendiri bagi anak. Kegiatan naik-turun tangga untuk mengakses kasur bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan dapat mengakomodasi kebutuhan mereka untuk bergerak.

Baca Juga: 4 Tips Membersihkan dan Merapikan Rumah Baru Setelah Pindahan

Kekurangan Tempat Tidur Tingkat

Kurang cocok untuk anak kecil

Tempat tidur bertingkat umumnya kurang cocok bagi anak-anak kecil yang berusia di bawah 5 tahun karena kemampuan motorik mereka belum cukup baik. Sebaiknya, berikan tempat tidur tingkat pada anak yang berusia 5 atau 6 tahun ke atas.

Risiko jatuh dan cedera lebih tinggi

Karena terdiri dari dua tempat tidur di bagian atas dan bawah, anak yang tidur di bagian atas berisiko jatuh ketika sedang tidur. Selain itu, mereka juga berisiko jatuh atau tergelincir saat naik-turun tangga tempat tidur. Solusinya, carilah model tempat tidur tingkat yang dilengkapi berbagai pengaman.

Ruang gerak terbatas

Tempat tidur yang disusun ke atas dapat menyebabkan ruang gerak anak di tempat tidur menjadi terbatas. Pastikan tempat tidur bagian atas dan bawah sama-sama memiliki ruang yang cukup sehingga anak dapat duduk di kasur tanpa harus khawatir terbentur pada bagian kepala.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan tempat tidur tingkat alias bunk bed.

Semoga artikel ini bisa menjadi bahan pertimbangan Anda, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News