HOME, Bugar

Ingin Mengecilkan Pori-Pori Wajah? Lakukan Cara Ini untuk Mendapatkannya

Ingin Mengecilkan Pori-Pori Wajah? Lakukan Cara Ini untuk Mendapatkannya

MOMSMONEY.ID - Pori-pori wajah adalah folikel atau kantung kecil tempat akar rambut tumbuh. Pori-pori wajah yang lebar membuat penampilan wajah menjadi kurang menarik. Oleh karena itu, ada beberapa cara untuk mengecilkan pori-pori yang lebar. Melansir dari cderma.id, berikut cara mengecilkan por-pori wajah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah, yaitu: 

1. Pilih Produk Wajah Berbasis Air

Cara mengecilkan pori-pori wajah pertama adalah pilih produk perawatan wajah berbasis air. Jika Anda memiliki kulit berminyak, Anda perlu memastikan penggunaan produk wajah yang berbasis air. Menggunakan produk berbasis air dapat menghindari minyak bertambahan masuk ke dalam pori-pori.

2. Mencuci Wajah 2x Sehari

Cara mengecilkan pori-pori wajah selanjutnya yaitu dengan mencuci wajah 2x sehari. Mencuci wajah adalah tahap awal dalam merawat wajah. Tetapi dengan begitu banyak produk yang tersedia, Anda harus memperhatikan produk face wash yang tepat sesuai dengan jenis kulit. Memiliki kebiasaan mencuci muka yang baik sangat penting. Mencuci wajah setiap dua kali sehari bisa membantu membersihkan minyak dan kotoran dari pori-pori.

3. Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi membantu menghilangkan penyumbatan dari pori-pori. Bagi Anda pemilik kulit berminyak, disarankan untuk melakukan eksfoliasi sekali atau dua kali seminggu. Cari produk eksfoliasi yang mengandung asam salisilat, yang merupakan asam alami yang membantu melepaskan puing-puing dari pori-pori.

Namun, penting untuk tidak melakukan eksfoliasi lebih dari dua kali seminggu. Eksfoliasi terlalu sering dengan produk yang mengandung asam salisilat atau alkohol dapat mengeringkan kulit dan memunculkan masalah kulit baru. 

Baca Juga: 4 Cara Mudah Menghilangkan Mata Panda dengan Bahan Alami di Rumah

4. Memakai Clay Mask

Memakai masker Clay sekali atau dua kali seminggu dapat membantu menghilangkan minyak dari pori-pori. Hal ini dapat mencegah pori-pori menjadi membesar, dan mengurangi penampilannya. Namun, disarankan untuk melakukan Clay Mask pada hari yang berbeda dengan perawatan pengelupasan kulit atau eksfoliasi.

5. Memakai Sunscreen

Cara mengecilkan pori-pori wajah berikutnya adalah memakai sunscreen. Mengaplikasikan sunscreen sebelum beraktivitas seharian sangatlah penting. Sunscreen membantu menjaga kulit terlindung dari efek buruk sinar matahari. Selain mengoleskan produk sunscreen, cara lain yang bisa Anda lakukan yaitu mengenakan topi bertepi lebar dan berlindung di tempat teduh ketika matahari paling kuat

6. Menghapus Make Up Secara Sempurna

Cara mengecilkan pori-pori wajah lainnya adalah menghapus make up secara sempurna. Sangat penting untuk selalu menghilangkan make up secara sempurna sebelum tidur. Tidur dengan rias wajah semalaman dapat menyebabkan pori-pori Anda tersumbat. Hal ini karena make up, minyak, dan bakteri menumpuk di pori-pori.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News