Ingin Mendekor Ulang Rumah Kontrakan? Simak Tipsnya!

Reporter: Benedicta Prima
Kamis, 29 September 2022 | 18:30 WIB
Ingin Mendekor Ulang Rumah Kontrakan? Simak Tipsnya!


MOMSMONEY.ID - Anda tentu ingin memiliki rumah yang nyaman dan memiliki dekorasi sesuai yang Anda inginkan. Sayangnya, hal ini terkadang menjadi perdebatan apalagi Anda masih tinggal di rumah kontrakan. 

Rumah kontrakan sejatinya bukan milik Anda, namun tetap saja harus dirawat seperti milik Anda. Apalagi demi kenyamanan seisi rumah. Semakin dekorasi rumah nyaman bagi Anda, maka Anda dan keluarga akan semakin betah tinggal di sana. Namun mendekorasi rumah kontrakan perlu banyak pertimbangan.  Home Design Lover membagikan tips yang bisa Anda lakukan untuk mendekorasi rumah kontrakan nih!

Baca Juga: Ingin Mengubah Gaya Kamar Tidur Anak, Simak Rekomendasi Warna Kamar Tidur Anak Ini!

Anda wajib minta izin

Sebelum melakukan dekorasi atau renovasi rumah kontrakan, bicarakan dengan pemiliknya. Pastikan apa saja yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan. Misalnya pemilik rumah tidak mengizinkan Anda mengganti warna cat atau menambahkan paku ditembok, maka jangan lakukan. 

Mulai dari mendekorasi dinding rumah kontrakan

Jika pemilik rumah melarang Anda mengganti wana cat, Anda bisa menggunakan wallpaper. Pastikan Anda menggunakan wallpapaer yang mudah untuk dileppas dan tidak meninggalkan bekas. Atau Anda bisa menggunakan dekorasi dinding lainnya seperti lukisan dan letakan di paku yang sudah menempel di dinding. 

Pilih barang-barang bekas dan cat ulang furnitur

Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk melakukan dekorasi rumah kontrakan. Cukup datangi toko barang bekas atau pasar yang sedang mengadakan diskon. Pilih barang yang sesuai keinginan Anda dan masih layak digunakan. Sebelum meletakan didalam rumah, Anda bisa membersihkan barang tersebut atau cat ulang. 

Ganti pencahayaan

Anda bisa mengganti dekorasi dengan mengganti lampu. Anda bisa memilih lampu warm white untuk di kamar tidur, menambah lampu dinding atau lampu meja. 

Anda bisa mengganti furnitur lama 

Anda bisa mengganti furnitur milik pemilik rumah, namun simpan di tempat yang aman. Maka dari itu jangan ganti furnitur yang terlalu besar dan berat. Selain itu saat Anda pindah, kembalikan furnitur lama sesuai dengan tempatnya. 

Pertimbangkan membeli karpet

Anda bisa mempercantik tampilan lantai jadul dengan karpet kekinian. Pilih motif an warna yang sesuai dengan dekorasi yang Anda inginkan. Letakan di bawah meja sudut atau kotak penyimpanan. 

Baca Juga: Ingin Beli Rumah, Simak Dulu Biaya yang Harus Dikeluarkan

Beli aksesori yang dibutuhkan

Anda bisa membeli aksesoris kecil pemanis ruangan seperti tanaman buatan, vas kecil untuk diletakan di atas meja atau lainnya sesuai yang Anda inginkan. Namun jangan beli terlalu banya, atau rumah Anda malah akan penuh dan terkesan sempit. 

Buat ruang penyimpanan

Anda bisa memaksimalkan ruang penyimpanan dengan lemari dinding atau meja sudut dengan banyak laci di bawahnya. Namun jangan menimbun terlalu banyak barang yang menyulitkan saat Anda harus pindah. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta

Terbaru
TERPOPULER