HOME, Bugar

Ingin Mencoba Diet Vegan? Coba Kenali Manfaatnya Terlebih Dahulu

Ingin Mencoba Diet Vegan? Coba Kenali Manfaatnya Terlebih Dahulu

MOMSMONEY.ID - Diet vegan dikenal memiliki berbagai manfaat. Bahkan, banyak yang memutuskan untuk melakukan diet ini dengan alasan etika untuk menghormati hewan dan lingkungan.  

Vegan adalah jenis vegetarian yang paling ketat terhadap aturan makan, yakni tidak memperbolehkan untuk mengonsumsi makanan dari produk hewani sama sekali, bahkan madu. 

Untuk jenis diet vegetarian yang satu ini, semua yang masuk ke dalam tubuh haruslah makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti sayuran, buah-buahan, atau biji-bijian. 

Baca Juga: Tidak Hanya Nikmat, Inilah Kandungan Ikan Salmon dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Diet ini tinggi akan serat, vitamin C, asam folat (vitamn B9), dan mineral magnesium. Dengan menjalankan diet vegan, Anda akan mendapatkan berbagai manfaatnya untuk tubuh. 

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah beberapa manfaat diet vegan yang perlu Anda ketahui sebelum mencobanya, antara lain: 

Menurunkan risiko penyakit jantung

Manfaat diet vegan yang perlu Anda ketahui pertama adalah bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung. 

Orang-orang yang menjalani diet vegan memiliki kolesterol LDL, kolesterol total, serta tekanan darah yang lebih rendah dibandingkan dengan orang-orang yang menjalani diet vegetarian. 

Menurunkan berat badan

Manfaat diet vegan yang perlu Anda ketahui kedua adalah bisa mempermudah menurunkan berat badan. 

Pernah dibuktikan pada penelitian yang terbit dalam jurnal Nutrition and Diabetes untuk meminta peserta yang memiliki berat badan lebih untuk melakukan pola makan tertentu. 

Baca Juga: Moms Perlu Tahu! Inilah Sederet Manfaat Diet Buah yang Bisa Anda Rasakan

Menurunkan risiko kanker

Manfaat diet vegan yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah menurunkan risiko penyakit kanker. 

Diet vegan yang dilakukan dengan tepat dan dengan pola diet vegan yang sesuai dapat mengurangi risiko seseorang terkena kanker hingga 15%.  

Manfaat kesehatan ini mungkin disebabkan oleh kandungan serat, vitamin, dan fitokimia yang tinggi dalam makanan-makanan vegan.  

Anda bisa mengatur menu makan mulai dari sarapan pagi, camilan, makan malam, hingga dessert untuk vegan, sekarang juga banyak sekali yang menyediakan produk vegan.

Usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan yang tidak ada dalam menu yang telah Anda rancang. Lakukan dengan konsisten untuk bisa merasakan manfaatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News