Bugar

Ingin Menambah Berat Badan? 4 Makanan Ini Bisa Anda Konsumsi secara Rutin

Ingin Menambah Berat Badan? 4 Makanan Ini Bisa Anda Konsumsi secara Rutin

MOMSMONEY.ID - Menaikkan berat badan tidak hanya dilakukan dengan makan yang banyak. Anda juga perlu memperhatikan asupan makanan penambah berat badan dan kandungan gizi di dalamnya. 

Mengutip The New England Journal of Medicine, faktor pola makan dan gaya hidup tertentu berkaitan dengan penambahan berat badan jangka panjang, serta strategi mencegah obesitas.

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai cara menambah berat badan yang sehat, yang bisa Anda konsumsi secara rutin, antara lain: 

Baca Juga: Kenali 4 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan dan Perkembangan Otak Anak

Kentang

Kentang dan umbi-umbian lain, seperti singkong atau ubi jalar, merupakan sumber karbohidrat kompleks atau yang juga sering disebut pati (starch).

Selain menambah asupan kalori harian, pati juga menyediakan energi dalam bentuk glukosa dan sebagian akan disimpan dalam tubuh sebagai glikogen.

Menurut jurnal Nutrition Reviews, glikogen dalam tubuh ini akan bermanfaat sebagai bahan bakar tambahan ketika seseorang menjalani aktivitas atau olahraga.

Roti gandum

Sumber karbohidrat lain yang tak kalah mudah untuk Anda temui adalah roti gandum. Jenis makanan ini tergolong sederhana, tetapi dapat menyediakan kalori yang dibutuhkan tubuh.

Untuk menaikkan berat badan, Anda bisa membuat roti lapis atau sandwich dengan menambah makanan sumber protein, misalnya telur, daging, atau keju ke dalamnya.

Baca Juga: Sakit Gigi Mengganggu? Coba Redakan dengan 5 Makanan Sehat Ini

Telur

Makanan penambah berat badan yang tak boleh dilewatkan adalah telur. Nutrisi protein dapat ditemukan dalam telur.

Telur mengandung 6 gram protein, 5 gram emak, dan 70 kalori dalam setiap butirnya. Selain protein, telur juga mengandung fosfor, zinc, dan kalsium.

Seseorang yang mengonsumsi telur dapat membantu membangun otot-otot pertumbuhan pada tubuh sekaligus asupan energi. Hal ini tidak hanya berlaku untuk orang dewasa, namun juga anak-anak.

Salmon

Makanan penambah berat badan selanjutnya adalah ikan salmon. Salmon merupakan salah satu jenis ikan yang mengandung banyak lemak sehat dan nutrisi penting lain.

Selain itu, ikan salmon juga memiliki banyak kalori. Pada 6 ons salmon tersimpan setidaknya 240 kalori!

Nah itulah beberapa makanan penambah berat badan yang bisa dicoba. Jangan lupa untuk memperbaiki pola makan dan mempertahankannya secara teratur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News