HOME, AturUang

Ingin Memulai Bisnis? Ini Kiat dari Susi Pudjiastuti

Ingin Memulai Bisnis? Ini Kiat dari Susi Pudjiastuti

MOMSMONEY.ID.  Kata siapa sukses berbisnis hanya bisa dilakukan laki-laki? di era yang serba digital seperti saat ini, kaum perempuan juga mampu merintis hingga membesarkan bisnis dalam bidang apapun.

Hal ini diutarakan Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Bagi Susi, perbedaan gender dalam dunia bisnis, khususnya perempuan tidaklah berpengaruh.

Menurut Susi, tekanan atau perasaan terintimidasi yang sering dialami oleh wanita di dunia kerja berasal dari pemikiran dirinya sendiri.

"Saya tidak pernah merasa dikucilkan atau terintimidasi, karena saya tidak membiarkan mindset saya bicara seperti itu.

Jadi, intinya, berasal dari pemikiran kita sendiri," ujar mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI.

Harus diakui, lanjut Susi, wanita memiliki keterbatasan dalam kemampuan fisik. Tapi di sisi lain, wanita juga diberkati bakat yang jarang dimiliki oleh kaum laki-laki.

Baca Juga: Serbu! Promo dan Diskon Tiket Pesawat Domestik Traveloka Hingga Rp 500.000

"Dari fisik, mungkin kita sebagai wanita kalah dari pria. Tapi dari intuisi atau diplomasi, kita punya kelebihan dalam hal tersebut.

Intuisi dan diplomasi yang dilakukan wanita biasanya lebih efektif," imbuh wanita asal Pangandaran, Jawa Barat tersebut.

Oleh karena itu, meskipun secara akademik Susi hanya tercatat sebagai lulusan SMP saja, namun hal itu tidak mengurangi rasa kepercayaan dirinya untuk berkarir, setara dengan kaum laki-laki yang selama ini mendominasi di berbagai sektor bisnis.

Bermodalkan pengalaman puluhan tahun di berbagai sektor industri, Susi Pudjiastuti pun memberikan beberapa tips untuk memulai sebuah bisnis.

Baca Juga: Hasil Riset Orami: 70% Moms Menjawab Sudah Mandiri Secara Ekonomi

1. Jangan Gengsi

Sebagian orang mungkin merasa malu atau gengsi terhadap sebuah profesi atau pekerjaan. Padahal, gengsi itulah yang akan menjadi penghambat karir.

"Saya juga tidak habis pikir atau memiliki rencana akan menjadi seperti sekarang ini. Tapi dari dulu, saya tidak pernah pilih-pilih pekerjaan, memikirkan pekerjaan yang saya ambil ini kotor atau tidak, pantas atau tidak pantas," papar Susi.

2. Tidak Berorientasi Pada Uang

Ketika memulai sebuah bisnis, sebagian pengusaha awam mungkin akan langsung tertuju pada besaran keuntungan atau uang yang akan mereka dapatkan dari bisnis yang dijalankan. Tapi dari sudut pandang Susi Pudjiastuti, uang atau keuntungan adalah bonus dari sebuah bisnis.

"Yang saya pikirkan saat memulai bisnis adalah bagaimana caranya agar saya bisa hidup mandiri dengan sekuat tenaga, tidak berorientasi pada uang. Dulu saya hanya berpikir kerja dan kerja saja dengan baik. Uang akan datang dengan sendirinya," imbuh wanita kelahiran tahun 1965 itu.

Baca Juga: Year Endgame Promo! Diskon Hotel hingga Rp 300.000 dari Kartu Kredit Berbagai Bank

3. Tidak Mudah Puas dan Suka Tantangan

Ketika orang sudah merasa sukses, biasanya mereka cenderung tidak ingin keluar dari zona nyamannya. Padahal menurut Susi, itu hanya akan menjadi batu sandungan yang baru baginya karena akan mematikan inovasi dan kreativitas.

"Jangan berhenti mencoba bidang baru. Saya pernah jualan sarang burung walet, dagang ikan, dan lain-lain. Setelah saya tidak jadi Menteri lagi, ditawari jadi presenter, Saya terima meskipun sudah tidak muda lagi," lanjutnya.

Baca Juga: Promo Waktu Indonesia PegiPegi (WIP), Diskon Tiket Kereta hingga 20%

4. Sensitivitas

Sebagai pelengkap, Susi menerangkan bahwa sensitivitas merupakan kunci bagi seorang pebisnis .

"Sensitivitas sangat penting bagi seseorang untuk bertahan mengarungi kehidupan. Dengan sensitivitas, seseorang dapat beradaptasi dalam kondisi apapun, pungkasnya.

Baca Juga: Inilah Cara Pencegahan Kanker Serviks Sejak Dini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News