HOME, Keluarga

Ingin Memotret Interior Rumah yang Estetik? Simak Tipsnya Berikut Ini

Ingin Memotret Interior Rumah yang Estetik? Simak Tipsnya Berikut Ini

MOMSMONEY.ID - Kebutuhan akan hasil foto yang terlihat aesthetic semakin tinggi dengan berkembangnya media sosial seperti Instagram.

Mungkin Anda sering melihat foto-foto interior rumah yang tertata apik berseliweran di halaman Explore di Instagram. Kelihatannya memang mudah, tapi menghasilkan foto interior rumah yang cantik dan aesthetic tentu perlu keterampilan yang baik.

Nah, jika Anda suka membagikan foto interior rumah di Instagram dan ingin hasil foto terlihat lebih aesthetic, berikut beberapa tips yang bisa dicoba.

Baca Juga: Tips Dekorasi Rumah untuk Zodiak Libra, Simetris dan Elegan

Manfaatkan pencahayaan alami

Jika memungkinkan, cobalah untuk memaksimalkan pencahayaan alami yang ada di ruangan saat Anda memotret interior ruangan tersebut.

Dilansir dari Shutterstock, pencahayaan alami di pagi dan siang hari akan membantu memberikan kesan interior rumah yang bersih dan apa adanya. Hindari pencahayaan buatan seperti lampu karena bisa memberi warna yang tidak natural pada interior rumah, sehingga mempengaruhi hasil akhir foto.

Gunakan tripod

Mengutip Picture and Space, kondisi pencahayaan di dalam ruangan biasanya akan membuat Anda kesulitan untuk mendapatkan hasil foto yang tajam dan cerah, apalagi jika Anda memegang kamera hanya dengan tangan.

Solusinya, gunakan tripod yang kokoh untuk membantu kamera tetap stabil saat mengambil foto interior rumah. Hasilnya, foto yang diambil akan terlihat tajam, cerah, dan tidak kabur akibat gerakan-gerakan tertentu.

Baca Juga: Jelang Valentine, 4 Tips Menampilkan Warna Pink yang Elegan di Rumah

Perhatikan komposisi foto

Salah satu aspek penting dalam fotografi adalah komposisi foto, karena mempengaruhi nilai estetika foto tersebut. Menurut Apartment Therapy, jenis kamera yang Anda gunakan sebenarnya tidak penting, selama komposisi foto yang dihasilkan bagus.

Untuk mendapatkan foto interior rumah yang aesthetic, cukup gunakan komposisi foto yang simpel atau sederhana. Berikut beberapa trik yang bisa Anda lakukan:

  • Singkirkan barang-barang kecil yang berserakan di area yang akan difoto, sehingga hasil foto akan terlihat bersih dan rapi.
  • Pindahkan furnitur atau dekorasi hingga mendapatkan posisi yang pas untuk difoto.
  • Gunakan aturan rule of third, yaitu menempatkan objek utama foto di sepertiga bidang foto. Hal ini akan membuat foto menarik dipandang.
  • Pastikan objek yang difoto tidak miring dan sejajar dengan pandangan mata.

Baca Juga: Banyak Diidamkan Orang, Ternyata Ini Kerugian Tinggal di Rumah Besar

Manfaatkan aplikasi edit foto

Jangan khawatir jika hasil foto interior rumah Anda terlihat kurang memuaskan, misalnya terlalu gelap. Pasalnya, ada banyak aplikasi edit foto yang bisa Anda manfaatkan untuk mengoreksi foto.

Pilihlah satu aplikasi edit foto kesukaan Anda, lalu jangan takut untuk bereksperimen dengan pengaturan-pengaturan yang ada. Misalnya, gunakan filter, atur kontras dan pencahayaan, serta atur temperatur warna sehingga hasil akhir foto tampak apik dan aesthetic.

Namun, pastikan hasil editing foto Anda tetap terlihat natural. Sebab, editing yang berlebihan bisa membuat hasil akhir foto terlihat kurang enak dipandang.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dicoba untuk menghasilkan foto interior rumah yang aesthetic. Pada dasarnya, teruslah berlatih hingga Anda mendapatkan hasil foto yang cantik.

Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News