HOME, Keluarga

Ingin Membuat Daun Tanaman Hias Mengilap? Gunakan Salah Satu Bahan Ini Saja!

Ingin Membuat Daun Tanaman Hias Mengilap? Gunakan Salah Satu Bahan Ini Saja!

MOMSMONEY.ID - Beberapa tanaman hias memiliki pesona tersendiri lewat bentuk bentuk daun-daunnya, terutama untuk tanaman hias berdaun lebar. Tanaman hias daun lebar contohnya seperti aglonema, philodendron, anthurium, calathea, dan sejenisnya.

Meski sebagian besar merupakan tanaman yang terdiri dari daun, tetapi mereka juga perlu mendapatkan perawatan yang tepat. Salah satunya, Anda perlu membersihkan daunnya. Pembersihan daun tanaman hias ini akan membuatnya terhindar dari debu, mengilap, dan tampak sehat.

Baca Juga: Tak Perlu Bingung, Ini Perbedaan Tanaman Pothos dan Philodendron

Nah, ada berbagai cara untuk membuat daun tanaman hias Anda mengilap, yakni menggunakan bahan-bahan alami dari bahan rumah tangga yang bisa Anda temukan di rumah. Cek yuk, apa saja!

Larutan Susu Murni

Selanjutnya menggunakan larutan susu. Susu yang digunakan harus susu murni ya, Moms. Dilansir dari Pomefarm, cara menggunakannya, campurkan susu dan air dengan perbandingan 1:1, aduk rata, kemudian semprotkan untuk membersihkan permukaan daun.

Air Biasa

Membersihkan daun tanaman hias untuk sehari-hari juga dapat menggunakan air biasa yang bersih. Ini bertujuan untuk membersihkan daun dari debu-debu dan kotoran yang menempel. Anda dapat menyemprotkan air secukupnya saja.

Baca Juga: Meski Sudah Dirawat, Kenapa Tanaman Menjadi Layu? Ketahui 5 Penyebabnya

Santan

Santan dapat membuat tanaman menjadi lebih mengilap dan tahan lama. Cara menggunakan, bersihkan daun terlebih dahulu dengan air biasa dan biarkan hingga kering. Selanjutnya, Anda dapat menyemprotkan santan ke bagian daun dan tunggu beberapa menit, lalu lap menggunakan kain.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin yang bisa menutrisi daun aglonema, sifatnya yang asam dapat mengusir berbagai macam mikroorganisme yang bisa mengganggu tanaman. Cara menggunakannya, Anda hanya perlu mengambil isi perasaan jeruk nipis dan dilarutkan dengan 200 ml air, kemudian aduk merata.

Setelah daun aglonema dibersihkan dengan lap, semprotkan larutan secukupnya. Saat proses ini, jauhkan tanaman dari sinar matahari secara langsung. Karena perawatan ini cukup sensitif, Anda hanya boleh menggunakannya sekali saja dalam sebulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News