HOME, Keluarga

Ingin Memberi Anjing Buah Semangka? Ketahui Manfaat dan Perhatikan Hal Ini

Ingin Memberi Anjing Buah Semangka? Ketahui Manfaat dan Perhatikan Hal Ini

MOMSMONEY.ID - Selain daging, hewan anjing dapat mengonsumsi makanan lain seperti buah-buahan. Meskipun mereka tidak benar-benar membutuhkan buah, tetapi buah dapat memberi mereka tambahan vitamin, mineral, dan sebagai antioksidan. Lalu, bolehkah anjing makan buah semangka?  

Dilansir dari American Kennel Club (AKC), jawabannya adalah ya, anjing boleh makan semangka. Namun, ada banyak hal yang harus Anda ketahui tentang pemberian buah semangka kepada anjing. Yuk, simak penjelasannya.

Manfaat Semangka untuk Anjing

Buah semangka sendiri adalah pembangkit tenaga makanan kesehatan yang rendah kalori, yakni sekitar 50 kalori per cangkir dengan 92% air. Karena kandungan airnya sangat kaya, semangka sangat bagus untuk hidrasi di cuaca yang panas.

Baca Juga: Resep Telur Balado Spesial Khas Minangkabau, Mudah Ditiru!

Semangka juga dikemas dengan banyak nutrisi, seperti vitamin A, B6, C, dan potasium. Kandungan vitamin A yang tinggi dapat membantu meningkatkan dan menjaga penglihatan anjing Anda. Kandungan antioksidannya juga dapat mengurangi peradangan dan memperkuat sistem kekebalan anjing Anda. Buah ini tentu saja tidak mengandung lemak atau kolestrol, jadi cukup aman untuk diberikan lebih sering.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memberi Buah Semangka Kepada Anjing

Dilansir dari Dogtime, biji dapat menimbulkan masalah bagi anjing. Satu atau dua biji mungkin tidak membuat banyak perbedaan, tetapi banyak biji dapat menyebabkan penyumbatan di saluran pencernaan. Ini biasanya berisiko bagi anjing yang lebih kecil.

Kulit semangka juga tidak aman untuk dimakan. Meski anjing dapat dengan mudah menggigitnya, bagian kulit tetap sulit dikunyah. Kulit semangka juga sangat sulit dicerna oleh sistem pencernaannya, sehingga dapat menyebabkan penyumbatan lebih lanjut. Tanda-tanda penyumbatan usus termasuk muntah, lesu, sembelit, dan sakit perut.

Cara Menyajikan Buah Semangka untuk Anjing

Sebelum menyajikannya, sebaiknya Anda meminta saran dari dokter hewan. Setelah mendapat persetujuan, Anda bisa membeli buah semangka yang matang.

Baca Juga: 4 Cara Sederhana Mengelola Depresi, Yuk Biasakan!

Cara menyajikan buah semangka untuk anjing adalah buah dipotong dan dibuang bagian kulit kerasnya. Potong buah semangka yang telah dikupas menjadi seukuran kubus kecil (bergantung ukuran mulut anjing yang ingin diberi), dan membuang sebagian besar bijinya.

Sementara itu, berapa banyak semangka yang bisa diberi dapat mengikuti saran dokter hewan. Dilansir dari Pawlicy, menurut para ahli, dalam makanan anjing, hanya 10% asupan kalori yang berasal dari makanan ringan atau cemilan. Ketika ini berupa buah-buahan dan sayuran, mereka setidaknya menerima tidak lebih dari 25% makanan utamanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News