HOME, Keluarga

Ingin Membangun Chemistry dengan Hewan Peliharaan? Ini Tipsnya

Ingin Membangun Chemistry dengan Hewan Peliharaan? Ini Tipsnya

MOMSMONEY.ID - Ada banyak hasil studi yang mengatakan, memelihara hewan dapat memberikan manfaat kesehatan untuk para pemiliknya.

Selain itu, berinteraksi dengan hewan peliharaan dapat mengurangi perasaan kesepian, kecemasan, dan depresi.

Tak hanya dari sisi kesehatan psikologis, membelai hewan juga dapat menurunkan tekanan darah dan menstabilkan denyut jantung.

Tak hanya oleh manusia, hewan seperti anjing dan kucing perlu bermain untuk stimulasi emosional, mental, dan fisik.

Secara garis besar, hewan menjadi penghibur bagi pemilik dengan cara mereka sendiri, sedangkan mereka menganggap pemiliknya sebagai penghiburnya. Ini adalah hubungan penyembuhan timbal balik yang luar biasa.

Baca Juga: Ingin Membahagiakan Kucing? Ini 4 Bagian Tubuhnya yang Suka Dielus

Namun, simbiosis ini tak akan terjadi bila tak ada ikatan hubungan yang baik antara Anda dan hewan peliharaan.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara-cara yang tepat untuk berinteraksi agar tercipta chemistry dengan hewan peliharaan Anda. Dilansir dari Marthastewart.com, berikut cara-caranya.

Mengenal Karakter Hewan Peliharaan Anda

Menjalin ikatan diawali dengan saling mengenal satu sama lain. Dalam hal ini, Anda yang harus melakukannya.

Hewan secara umum memiliki perasaan waspada terhadap hal-hal yang asing baginya, antara anjing dan kucing pun memiliki tingkat waspada yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengenal mereka.

Hal utama yang perlu dikenali adalah mempelajari dasar-dasar bahasa tubuhnya. Misalnya, bagaimana hewan Anda merasa penasaran, ketakutan, tenang, santai, atau malah agresif.

Dengan mengetahui tanda-tanda tersebut, Anda dapat memutuskan aktivitas atau tindakan apa yang akan Anda berikan kepada hewan peliharaan.

Membelai Mereka

Membelai adalah salah satu bentuk perhatian dan kasih sayang dari pemilik kepada hewan peliharaannya. Kucing hewan yang cukup cuek dengan hal-hal yang terjadi di sekitarnya, tetapi dia sangat manja di saat-saat tertentu.

Membelai akan membuatnya nyaman dan menyukai Anda. Namun, hati-hati bila dia sudah bersikap agresif karena mungkin Anda suda berlebihan membelainya.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Kucing yang Agresif yang Perlu Anda Tahu

Aktivitas Bersama yang Berkualitas

Tak ada yang lebih baik dalam membangun hubungan dengan cara melakukan aktivitas bersama yang berkualitas. Berkualitas dalam hal ini artinya Anda fokus dengan hewan peliharaan meski dalam waktu yang singkat. Anda dapat memulainya dengan bermain bersama hewan.

Demi memanfaatkan waktu bermain sebaik-baiknya, berikan perhatian penuh kepada hewan peliharaan Anda dan pertimbangkan juga sifat bawaannya.

Misalnya, retriever dibiakkan untuk berlari dan berburu, jadi mereka mungkin suka bermain lempar tangkap atau petak umpet dengan mainan mereka. Sementara kucing kurang sosial, tetapi mereka suka dibujuk dengan mainan tali yang dapat memunculkan naluri predator alami mereka untuk berburu.

Selain itu, membuat rutinitas untuk mereka dapat membantu Anda berperan dalam kebiasaan rutin mereka. Misalnya, mengatur pemberian makanan, istirahat di kamar bersama Anda, jalan-jalan, dan bersantai di ruang keluarga.

Memberi Cemilan

Menggunakan makanan juga bagus untuk membangun chemistry, di samping Anda mencegah mereka bosan dengan pakanan sehari-hari. Ini dapat menjadi senjata yang ampuh untuk membujuk mereka dalam kegiatan lain yang mungkin tak mereka sukai, seperti mandi air, memotong kuku, atau dalam sesi latihan yang sulit mengondisikan mereka. Pastikan Anda menyuguhkan cemilan yang aman dan dikhususkan untuk mereka.

Berkomunikasi dengan Jelas

Selain dengan sesamanya, hewan tentu saja juga melakukan komunikasi kepada manusia. Meski bahasanya berbeda, cobalah untuk memahaminya. Mengajaknya berbicara dengan bahasa manusia juga bisa dilakukan dengan tambahan gerakan tubuh yang mereka pahami.

Misalnya, Anda mengatakan kepada mereka bahwa Anda menyayanginya sambil membelai lembut kepalanya.

Kucing atau anjing Anda mungkin tak memahami bahasa Anda, tetapi mereka akan mengetahui bahwa Anda menyayanginya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News