Keluarga

Ingin Memanfaatkan Botol Semprot Bekas? Ini Sederet Ide Menarik

Ingin Memanfaatkan Botol Semprot Bekas? Ini Sederet Ide Menarik

MOMSMONEY.ID - Sampah plastik di rumah termasuk salah satu sampah yang bisa dihasilkan dari mana saja, termasuk dari botol semprot bekas. Biasanya, botol semprot bekas dihasilkan dari sisa botol skincare, hand sanitizer, parfum, hingga produk kebersihan yang isinya sudah habis.

Jika terus-menerus dibuang, tentu sampah plastik akan semakin menggunung sehingga berdampak buruk pada lingkungan.

Untuk membantu mengurangi dampak buruk tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan atau memanfaatkan kembali botol-botol bekas tersebut. Supaya tidak terlalu menumpuk, Anda cukup memilih beberapa botol dengan semprotan yang halus dan plastik yang kokoh.

Nah, kira-kira apa saja cara untuk memanfaatkan kembali botol semprot bekas tersebut? Merangkum penjelasan dari laman Apartment Therapy, Reader’s Digest Canada, dan Nature Therapy India, berikut beberapa ide yang bisa diterapkan.

Baca Juga: 5 Masalah yang Umum Terjadi di Kamar Mandi, Apa Saja?

Menyemprot tanaman

Anda sedang menyemai bibit tanaman atau memiliki tanaman hias berukuran kecil di rumah? Jika ya, coba manfaatkan botol semprot bekas sebagai alat untuk menghidrasi tanaman-tanaman tersebut.

Dibandingkan dengan penyiram tanaman berukuran besar, penggunaan botol semprot akan membantu menyebarkan air dengan halus dan merata tanpa perlu khawatir merusak tanaman-tanaman tersebut. Jangan lupa, pastikan botolnya bersih sebelum digunakan.

Hand sanitizer

Hand sanitizer merupakan salah satu produk yang banyak dicari selama pandemi. Walaupun saat ini kasus COVID-19 sudah mulai berkurang, tak ada salahnya tetap membekali diri dengan produk yang satu ini untuk menjaga diri dari penularan virus, kuman, dan bakteri.

Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan botol semprot berukuran kecil sebagai wadah hand sanitizer. Anda tinggal mengisi botol semprot yang sudah bersih dan steril dengan hand sanitizer kemasan refill yang banyak dijual di pasaran, lalu gunakan layaknya hand sanitizer biasa.

Baca Juga: Mengenal Kain Microfiber, Dikenal Ampuh Membersihkan Rumah

Pembersih serbaguna

Sedikit berhubungan dengan poin sebelumnya, membersihkan berbagai pemukaan seperti meja dan kursi dengan disinfektan atau cairan pembersih serbaguna (multipurpose cleaner) sudah menjadi salah satu kebiasaan yang terbentuk selama pandemi.

Jika tak ingin menenteng-nenteng botol disinfektan atau cairan pembersih ke mana-mana, cobalah untuk memindahkan sebagian isinya ke dalam botol semprot kosong berukuran kecil. Jangan lupa, pastikan permukaan yang ingin Anda bersihkan cocok dengan pembersih yang akan digunakan.

Baca Juga: 4 Tips Mengombinasikan Warna Cat Tembok dengan Keramik

Penyegar ruangan

Saat ini, Anda bisa menemukan produk penyegar ruangan bernama room and linen spray yang biasanya dikemas dalam botol semprot.

Anda pun bisa membuat produk penyegar ruangan sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah, termasuk botol semprot bekas yang bersih. Banyak sekali resep-resep DIY room freshener yang tersedia di internet, jadi tinggal memilih resep mana yang kelihatannya cocok dengan selera.

Face mist

Terakhir, Anda bisa memanfaatkan botol semprot bekas sebagai wadah untuk face mist atau semprotan penyegar wajah.

Sama seperti poin sebelumnya, Anda bisa menemukan berbagai resep DIY face mist yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Jika tak ingin repot-repot, bisa mengisi botol semprot dengan air bersih atau rose water, lalu semprotkan ke wajah setiap kali diperlukan.

Itulah beberapa ide untuk memanfaatkan kembali botol semprot bekas yang ada di rumah. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News