HOME, Keluarga

Ingin Memanen Daun Lidah Buaya? Begini Caranya yang Benar

Ingin Memanen Daun Lidah Buaya? Begini Caranya yang Benar

MOMSMONEY.ID - Lidah buaya merupakan bagian dari tanaman sukulen yang memiliki daun berdaging tebal yang berisikan gel.

Gel ini diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia, meredakan luka bakar, menyuburkan rambut, dan sebagainya.

Jika Anda memilikinya, Anda dapat memanennya kapan pun ketika daun ini sudah cukup tua untuk dipotong. Namun, Anda harus mengetahui bagaimana cara memanen daun lidah buaya agar tanaman tetap sehat dan memungkinkannya untuk tumbuh lagi.

Berikut cara memanen daun lidah buaya dilansir dari Dengarden.com.  

Baca Juga: Wow, Ini 5 Jenis Tanaman Hias Paling Mahal di Dunia!

Alat dan Perlengkapan yang Digunakan untuk Memotong

Alat yang dapat Anda gunakan untuk memotong daun lidah buaya adalah pisau dapur atau gunting. Namun, jika tanaman tumbuh lebih besar, mungkin Anda memerlukan gunting tanaman untuk memotongnya.

Jangan lupa untuk mensterilkan alat pemotong sebelum menggunakannya pada tanaman. Anda dapat menggosoknya dengan alkohol dan membiarkannya kering untuk beberapa saat.

Selain alat pemotong, Anda juga akan membutuhkan sarung tangan untuk melindungi tangan Anda dari duri-duri di sekitar tepi daun. Anda juga membutuhkan wadah untuk meletakkan hasil panen.

Bagian Daun yang Dipanen

Letak gel lidah buaya paling banyak diterdapat di bagian daun yang tua atau matang. Ini terletak di bagian luar tanaman. Cari yang tebal, halus, dan berwarna hijau tua. Menurut ukurannya, ini bergantung pada seberapa besar tanaman Anda.

Jika Anda memiliki tanaman lidah buaya yang besar, carilah yang panjangnya sekitar satu kaki atau sekitar 30,48 cm.

Jika Anda memiliki tanaman yang lebih kecil, carilah daun yang panjangnya sekitar 4 inci dengan tebal setidaknya 1 inci.

Baca Juga: Ini Jenis-Jenis Makanan yang Direkomendasikan untuk Kelinci

Siap Memotong

Setelah Anda memilih daun, gunakan pisau atau gunting yang tajam untuk memotongnya di dekat pangkal tanaman.  

Jadi, jangan potong sampai habis. Hanya di dekatnya saya. Setelah memotong daunnya, pegang bagian ujung yang telah Anda potong ke bawah agar aloinnya menetes.

Aloin adalah getah kuning-cokelat yang memiliki rasa pahit dan efek pencahar yang kuat. Anda tentu harus menghindari ini jika ingin menggunakan gel lidah buaya.

Apalagi, jika ingin dikonsumsi. Dalam dosis kecil, ini dapat menyebabkan diare, mual, mulut kering, dan komplikasi lain pada individu yang sensitif.

Setelah itu, letakkan daun hasil panen ke dalam wadah yang telah disiapkan. Anda perlu mencucinya hingga bersih sebelum memotong daun untuk mengambil gelnya.

Saatnya Mengambil Gel Lidah Buaya

Gel di dalam daun lidah buaya mempertahankan bentuk yang cukup baik, meski sudah dipotong dan dicuci.

Pertama, potong bagian ujung daun lidah buaya.Jika daun lidah buaya memiliki simpul, Anda bisa membuangnya karena bagian itu tidak ada gel di dalamnya.

Setelah itu, potong bagian tepi yang terdapat duri-duri tajam. Usai mengamankan duri, Anda dapat mengupas kulit hijaunya di atas dan di bawah daging gel.

Jika daun terlalu besar, Anda dapat memotongnya menjadi beberapa bagian untuk memudahkan pengupasan. Mudah, bukan? 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News