Ingin Lepas dari Procrastination? Ikuti 5 Tips Mudah untuk Atasinya Berikut Ini!

Reporter: Christ Penthatesia
Jumat, 23 September 2022 | 06:55 WIB
Ingin Lepas dari Procrastination? Ikuti 5 Tips Mudah untuk Atasinya Berikut Ini!

ILUSTRASI. Bermalas-malasan yang kemudian menyebabkan seseorang menjadi gemar menundan waktu atau procrastination bisa diatasi dengan beberapa cara mudah.


MOMSMONEY.ID - Procrastination adalah salah satu tindakan menunda waktu yang tanpa sadar kerap dilakukan oleh manusia. Padahal, orang-orang yang melakukan tindakan ini selalu dengan sadar dan sengaja melakukannya setiap hari.

Perlu beberapa cara yang harus diterapkan untuk terhindar dari melakukan tindakan procrastination yang bisa merugikan diri sendiri.

Baca Juga: Apa Itu Procrastination? Kenali Penyebabnya Berikut Ini Yuk!

Berikut ini adalah beberapa tips mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi diri dari tindakan procrastination.

Miliki niat kuat

Tips pertama yang harus dipersiapkan adalah niatan untuk keluar dari melakukan tindakan procrastination. Tindakan ini kerap terjadi karena berbagai faktor seperti salah satunya adalah menunggu waktu tepat untuk melakukan suatu hal. Sehingga untuk melepaskan diri dari tindakan procrastination, menjadi realistis dan memiliki niatan kuat harus dimiliki terlebih dahulu.

Atur jadwal

Tips kedua agar bisa terlepas dari tindakan procrastination adalah mulai mengatur jadwal maupun pekerjaan yang dilakukan dalam satu hari. Membuat to-do list bisa menjadi salah satu cara mudah untuk mengatasi procrastination. Laman Very Well Mind menyarankan juga agar memberikan deadline atau waktu tenggang untuk setiap pekerjaan yang telah terjadwal.

Baca Juga: Pria Wajib Tahu! Konsumsi 6 Makanan Ini Untuk Tingkatkan Kualitas Sperma!

Lakukan pekerjaan kecil

Faktor lain yang membuat seseorang kemudian terperangkap dalam zona nyaman procrastination adalah terlalu fokus pada hal besar dan perfeksionis. Untuk mengatasi faktor tersebut, mulailah dengan fokus melakukan hal kecil terlebih dahulu agar tidak mudah terjerumus kembali pada rasa bosan, gagal, dan ketakutan yang membuat diri kembali lagi melakukan tindakan procrastination.

Carilah pasangan

Tips mudah selanjutnya adalah dengan mencari pasangan atau teman untuk melakukan sebuah aktivitas. Untuk menyelesaikan sebuah aktivitas, terkadang seorang procrastinator butuh memiliki dorongan dari orang lain. Sehingga laman Psychological Today menyarankan agar mencari orang lain yang bisa dipercaya untuk memberikan dorongan kuat pada seorang procrastination dalam melakukan sebuah aktivitasnya.

Memaafkan diri

Hal lain yang membuat seseorang terperangkap pada tindakan procrastination adalah karena takut mengalami dan menghadapi kegagalan. Padahal, gagal merupakan hal yang wajar dan umum terjadi dalam kehidupan manusia. Memaafkan diri sendiri yang telah gagal dalam mencoba perlu dipraktikkan untuk mengatasi procrastination.

Sebaiknya, mulailah untuk memberikan affirmasi positif dan semangat pada diri sendiri untuk memaafkan kegagalan dan mulai mencoba kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER