HOME, Bugar

Ingin Kulit Cerah Alami? Rutin Konsumsi 5 Makanan Ini

Ingin Kulit Cerah Alami? Rutin Konsumsi 5 Makanan Ini

MOMSMONEY.ID - Kulit merupakan salah satu organ tubuh yang juga harus kita jaga kesehatannya. Mungkin selama ini Anda berpikir dengan memakai produk perawatan kulit Anda sudah bisa menjaga kesehatan kulit. 

Namun, lebih dari itu ternyata Anda juga bisa menjaga kesehatan kulit melalui makanan yang Anda santap. Anda hanya perlu rutin menjaga kesehatan dan kebersihan kulit wajah serta memastikannya tetap terhidrasi. 

Selain itu, penting juga untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah dan sehat.

Baca Juga: Inilah Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Dirangkum dari Mayo Clinic, ada beberapa makanan untuk mencerahkan kulit secara alami yang mudah dikonsumsi, berikut ini:

1. Alpukat

Makanan untuk mencerahkan kulit secara alami pertama adalah alpukat. Ini merupakan buah yang kaya akan manfaat.

Dalam satu buah alpukatterkandung sekitar 4,2 mg vitamin E dan 12 mg vitamin C. Artinya, jika Anda makan satu buah alpukat, Anda bisa mendapatkan kedua vitamin yang dibutuhkan oleh kulit. 

Dalam alpukat juga terkandung lemak baik yang dapat memberikan kelembaban serta menghidrasi kulit Anda, sehingga membuat kulit Anda terlihat lebih muda dan lebih sehat.  

2. Kiwi

Makanan untuk mencerahkan kulit secara alami kedua adalah kiwi. Buah kiwi merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin.

Kandungan vitamin C inilah yang membuat kiwi berkhasiat untuk mencerahkan kulit. Vitamin C sebagai antioksidan mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan pada kulit.

Selain itu, vitamin C juga dapat menjaga kelembaban pada kulit, sehingga kulit Anda tidak kering. 

3. Tomat

Makanan untuk mencerahkan kulit secara alami yang ketiga adalah tomat. Lagi, buah yang kaya vitamin C, yaitu tomat.

Buah tomat yang biasa kita temukan dalam sayur, salad, atau dalam lalapan ternyata bermanfaat untuk membuat kulit lebih cerah. Selain itu, tomat juga mengandung likopen yang memberikan warna merah pada tomat. 

Baca Juga: Selain Menyegarkan, Inilah Manfaat Infused Water untuk Kesehatan Tubuh

4. Kacang almond

Makanan untuk mencerahkan kulit secara alami keempat adalah kacang almond. Kacang ini memang enak dan juga mengandung nutrisi penting, salah satunya adalah vitamin E.

Vitamin E sebagai antioksidan dapat membantu melindungi sel-sel kulit dari sinar UV dan faktor lingkungan lain yang menghasilkan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit. 

5. Wortel

Makanan untuk mencerahkan kulit secara alami kelima adalah wortel. Wortel merupakan salah satu sumber vitamin A dalam bentuk betakaroten.

Vitamin A diperlukan untuk memperbaiki jaringan dalam kulit yang rusak.  Jadi, wortel akan membantu membuat kulit Anda lebih sehat dan juga dapat membantu melawan keriput.

Selain itu, wortel juga dapat membuat kulit Anda lebih cerah.  

Itu dia beberapa macam makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mendapatkan kulit cerah dan sehat. Sangat mudah didapatkan bahkan mungkin termasuk makanan sehari-hari yang Anda dan keluarga konsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News