HOME, Keluarga

Ingin Kucing Peliharaan Tampil Bersih? Ini Waktu Terbaik untuk Memandikannya

Ingin Kucing Peliharaan Tampil Bersih? Ini Waktu Terbaik untuk Memandikannya

MOMSMONEY.ID - Sebagai hewan berbulu, kucing sebenarnya hewan yang sangat peduli dengan kebersihan tubuhnya. Mereka biasanya akan menjilati bulu-bulunya sendiri untuk merawatnya. Bahkan tak hanya bulu, telinga dan kukunya pun dapat mereka bersihkan sendiri.

Namun, sebagai hewan peliharaan, sangat penting bagi kucing untuk mandi air yang sesungguhnya guna membersihkan kulit dan bulunya lebih maksimal. Kucing mandi dengan air sungguhan bermanfaat untuk menghilangkan kotoran yang tertinggal di bulu, mencegah jamur, kutu, dan bau tak sedap dari tubuhnya.

Baca Juga: Ini 5 Penyebab Kucing Kesayangan Anda Muntah-Muntah Setelah Makan

Namun, memandikan kucing bukan hal yang mudah. Selain kucing mudah rewel, Anda juga perlu mengetahui waktu yang tepat untuk memandikan kucing. Pemilihan waktu ini penting untuk mencegah kucing stres dan masuk angin.

Dilansir dari nationalcatgroomers.com, mandi untuk kucing secara teratur normalnya dilakukan dalam 4-6 minggu sekali. Jangka waktu ini sudah cukup menjaga bulu-bulu kucing tetap baik dan sehat. Selama menunggu waktu yang normal ini, Anda cukup menyisir atau menyikat bulu kucing setiap minggu untuk menyingkirkan kotoran dan bulu-bulu yang rontok.

Baca Juga: Jarang Diketahui, 6 Ras Kucing Ini Mengalami Mutasi Genetik yang Merugikan

Tentang waktu terbaik memandikan kucing, proplan.co.id menulis, waktu ideal untuk memandikan kucing lebih baik dilakukan pada pukul 10.00-16.00. Mandikan kucing saat matahari masih terang. Sebab, bila tidak, suhu udara akan lebih dingin dan dapat menyebabkan kucing kedinginan dan jatuh sakit.

Selain memperhatikan soal waktu, Anda juga harus memperhatikan suhu air yang digunakan untuk kucing mandi. Jangan berikan air yang terlalu dingin, tetapi jangan juga berikan yang terlalu panas. Mandikan kucing dengan suhu hangat yang nyaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News