Bugar

Ingin Konsumsi Obat Penurun Berat Badan? Jangan Asal, Ini Tip Memilih Obat yang Tepat

Ingin Konsumsi Obat Penurun Berat Badan? Jangan Asal, Ini Tip Memilih Obat yang Tepat

MOMSMONEY.ID - Mengonsumsi obat penurun berat badan bisa efektif menurunkan berat badan jika diimbangi dengan membatasi porsi makanan dan rutin berolahraga.

Namun, tidak semua orang cocok mengonsumsi suatu jenis obat pelangsing tertentu. Terdapat beberapa kasus diare dan gangguan usus yang terjadi akibat mengonsumsi obat pelangsing.

Ini karena obat tersebut malah bertindak sebagai obat pencahar yang berfungsi melancarkan pencernaan, sehingga menimbulkan efek sakit perut dan buang-buang air. 

Penggunaan obat diet sebenarnya tidak dianjurkan bagi semua orang, melainkan hanya kondisi kesehatan tertentu yang membuat seseorang boleh mengonsumsi obat penurun berat badan.

Biasanya dokter menganjurkan obat diet pada orang yang terlalu gemuk atau dengan indeks massa tubuh (IMT) sekitar 30 atau lebih, serta memiliki riwayat penyakit diabetes tipe 2 dan tekanan darah tinggi atau penyakit jantung.

Baca Juga: Waspada Perut Buncit! Bisa Jadi Ada Kista dalam Perut

Meski mengonsumsi obat diet, Anda tetap dianjurkan melakukan olahraga dan mengatur pola makan sehingga penurunan berat badan dapat tercapai maksimal. 

Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari obat pelangsing dan agar terhindar dari risiko-risiko yang tidak diinginkan, perhatikan tips-tips berikut sebelum mengonsumsi suatu jenis obat pelangsing:

1. Sebaiknya bicarakan dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat penurun berat badan.

2. Dokter dapat memeriksa apakah Anda memang mengalami kelebihan berat badan dan dapat meresepkan obat pelangsing yang memiliki efek samping yang paling ringan.

3. Selalu baca label, aturan pakai, dan efek samping pada produk obat yang ingin Anda konsumsi.

4. Pilihlah obat dengan efek samping yang paling ringan, khususnya bagi Anda yang mengidap penyakit tertentu.

5. Konsumsi obat sesuai dosis yang dianjurkan.

6. Cek apakah obat yang ingin Anda konsumsi sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan untuk menjamin keamanannya.

Sebaiknya Anda tidak bergantung pada obat pelangsing untuk menurunkan berat badan, melainkan lakukanlah usaha-usaha alami seperti diet dan olahraga teratur untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan juga sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News