HOME, Keluarga

Ingin Dekat dengan Anak Remaja Anda? Lakukan 5 Tips Parenting Ini

Ingin Dekat dengan Anak Remaja Anda? Lakukan 5 Tips Parenting Ini

MOMSMONEY.ID - Akan ada segudang perubahan tatkala anak mulai beranjak remaja. Bisa saja, hubungan orang tua dan anak yang semula intens berubah menjadi renggang saat anak memasuki usia remaja. Jika tidak direkatkan kembali, hubungan yang renggang ini dapat bertahan hingga anak dewasa dan semakin menjauhkan Anda dengan mereka.

Tentu, Anda tidak mau merasa jauh dan asing dengan anak Anda bukan?

Untuk membantu mendekatkan hubungan antara orang tua dengan anak remaja, ada lima tips parenting yang dapat Anda praktikkan. Melansir ParentCircle, inilah lima tips tersebut.

Baca Juga: Moms, Inilah 5 Rekomendasi Buah yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

1. Jalin ikatan dengan teman-teman anak

Bagi anak remaja, teman-teman adalah hal yang penting. Jadi, apabila ingin semakin dekat dengan anak remaja, pastikan juga Anda berusaha dekat dengan teman-temannya.

Anda bisa mengawalinya dengan meminta anak untuk mengajak teman-temannya ke rumah sesering yang anak mau. Entah untuk belajar kelompok, menginap, atau sekadar bermain. Jangan larang anak untuk mengundang teman-teman mereka ke rumah. Dengan begini, anak akan merasa bahwa Anda adalah orang tua yang keren dan tertarik dengan kehidupan mereka.

2. Habiskan waktu berkualitas bersama

Cara terbaik untuk terhubung dengan anak remaja Anda yaitu dengan menghabiskan waktu berkualitas bersama. Setiap ada waktu luang, sering-seringlah melakukan kegiatan berdua bersama anak misalnya makan di restoran favorit atau pergi liburan singkat. Sesekali, biarkan anak remaja Anda menentukan aktivitas apa atau destinasi mana yang hendak dikunjungi.

Dengan melakukan perjalanan eksklusif semacam itu, anak akan merasa penting dan diinginkan. Metode ini juga akan membantu Anda untuk terus mendapatkan informasi terbaru tentang kehidupannya.

3. Temukan minat yang sama

Kendati ada kesenjangan generasi antara orang tua dan anak remaja, tentu tetap akan ada beberapa hal yang sama-sama diminati, misalnya film. Jika begitu, artinya Anda memiliki kesempatan yang besar untuk lebih dekat dengan anak.

Setelah menemukan minat yang sama, cobalah untuk membahasnya lebih dalam atau melakukan hal-hal menyenangkan lainnya yang berkaitan dengan minat tersebut. Selain dapat menguatkan ikatan antara Anda dengan anak, minat yang sama juga akan membuat mereka merasa nyaman berada di dekat Anda.

4. Minimalkan interaksi yang penuh kemarahan

Saat anak mulai menginjak usia remaja, maka Anda tidak perlu lagi memberi tahu sepanjang waktu tentang apa yang harus mereka lakukan. Hindarilah untuk menanyakan terlalu banyak pertanyaan seperti “Kamu mau ke mana?”, “Kamu mau pergi dengan siapa?”, dan sebagainya.

Alih-alih membombardir anak dengan pertanyaan semacam itu, alangkah baiknya menunjukkan kepercayaan dan rasa hormat  kepada mereka. Saat Anda mampu memercayai anak, mereka akan terdorong untuk memberi tahu segalanya bahkan sebelum Anda menanyainya.

Sebaliknya, mengajukan terlalu banyak pertanyaan yang sebenarnya tidak diperlukan hanya akan membuat anak remaja menjadi kesal dan cenderung mudah berbohong.

5. Dengarkan apa yang anak katakan

Tips terakhir yang dapat dipraktikkan untuk lebih dekat dengan anak remaja adalah mendengarkan mereka. Semenyebalkan apapun perilaku anak remaja, Anda sebagai orang tua harus tetap mendampinginya ketika mereka membutuhkan seseorang untuk mendengarkan masalahnya tanpa menghakimi.

Apabila Anda tidak bersedia mendengarkan apa yang anak katakan, mereka mungkin akan merasa ditolak. Akibatnya, perasaan ditolak yang anak alami dapat menyebabkan lebih banyak masalah emosional dan psikologis bagi mereka ke depan.

Demikian lima tips parenting untuk membantu mendekatkan hubungan dengan anak remaja yang layak untuk Anda coba. Semakin baik pengasuhan yang Anda lakukan, maka semakin baik pula hubungan dengan anak. Jadi, pastikan Anda sabar dan konsisten saat menerapkan tips-tips di atas ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News