Santai

Ingin Cukur Rambut Kemaluan Sendiri? Praktikan 6 Caranya Ini

Ingin Cukur Rambut Kemaluan Sendiri? Praktikan 6 Caranya Ini

MOMSMONEY.ID - Simak beberapa cara aman yang perlu diperhatikan sebelum mulai mencukur rambut di area kemaluan ini.

Rambut yang ada di area kemaluan terkadang membuat beberapa orang menjadi tidak nyaman dan percaya diri.

Sehingga, mencukur atau melakukan treatment brazilian wax pun menjadi pilihannya.

Bagi yang ingin memilih untuk mencukur area kemaluan sendiri, perhatikan beberapa cara amannya berikut ini. 

Baca Juga: 5 Tips Cara Aman Pakai Softlens Khusus bagi Pemula, Mudah kok

Mandi

Hindari mencukur seluruh bagian tubuh dalam kondisi kulit yang kering, terutama pada area kemaluan. Melansir dari laman Flo, menggunakan air hangat untuk mandi bisa dijadikan cara untuk membasahi rambut kemaluan juga.

Sebab, air hangat bisa membantu untuk melunakkan rambut kemaluan sebelum dicukur. Sehingga, proses mencukur bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat dalam kondisi kulit yang lembap.

Trim terlebih dahulu

Sebelum mencukur area kemaluan atau area intim, ada baiknya untuk merapikan rambut-rambut di area tersebut. Trim atau rapikan daerah intim tersebut dengan gunting bersih. Ini berguna untuk membantu alat cukur bekerja maksimal.

Rambut kemaluan yang masih panjang hanya akan membuat proses mencukur menjadi lebih sulit dan juga bisa berisiko menyumbat pisau cukur.

Baca Juga: Stop Lakukan 5 Hal Berikut jika Kulit Ingin Tampak Flawless Saat Pernikahan

Eksfoliasi

Jika ingin menghasilkan cukuran yang awet dan bertahan lama, maka sebaiknya lakukan eksfoliasi terlebih dahulu sebelum mulai mencukur. Laman Gillete Venus menjelaskan, eksfoliasi berguna untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada permukaan kulit.

Tentunya, hal tersebut akan memudahkan pisau cukur untuk melakukan tugasnya. Jangan lupa oleskan krim cukur dan sejenisnya untuk menjaga kelembapan area intim yang ingin dicukur.

Mulai mencukur

Setelah semua persiapan mencukur dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah mulai mencukur. Gunakan pisau cukur yang tidak tumpul untuk mencukur area intim.

Cukur searah pertumbuhan rambut dan kemudian berganti dengan arah sebaliknya. Perhatikan untuk tidak mengulangi mencukur pada area yang sama selama berkali-kali.

Baca Juga: 3 Cara Menghilangkan Lutut Hitam yang Bikin Tidak Pede dengan Bahan Alami

Bilas dan bersihkan

Setelah selesai mencukur, jangan lupa juga untuk membilasnya dengan bersih. Gunakan air mengalir untuk membersihkan area intim yang telah dicukur. Lakukan proses ini secara perlahan agar area intim bisa bersih secara menyeluruh.

Jangan lupa juga untuk membersihkan pisau cukur dan alat cukur lain yang digunakan pada proses ini.

Gunakan pelembap

Setelah melakukan proses mencukur, maka jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan pelembap pada area yang telah dicukur tersebut. Laman Byrdie menyarankan, untuk menggunakan pelembap ringan dan tidak beraroma dengan pH seimbang.

Tujuannya, agar tidak mempengaruhi kondisi kulit yang menjadi lebih sensitif setelah dicukur. Selain itu, cara ini juga berguna untuk menjaga kelembapan area kulit yang telah dicukur.

Agar tetap aman dan bersih, itulah tadi beberapa cara yang penting diperhatikan sebelum mulai mencukur rambut kemaluan sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News