HOME, Bugar

Ingin Cepat hamil Setelah Menikah? Lakukan Hal Ini

Ingin Cepat hamil Setelah Menikah? Lakukan Hal Ini

MOMSMONEY.ID - Bila Anda dan pasangan baru saja menikah, memiliki keturunan menjadi hal yang selalu didambakan. Nah, ada beberapa cara cepat hamil setelah menikah yang dapat Anda dan pasangan coba lakukan.

Dengan demikian, peluang untuk segera mendapat momongan pun akan meningkat. Peluang setiap wanita untuk hamil setelah berhubungan seks tanpa alat kontrasepsi adalah sekitar 15–25% setiap bulannya.

Peluang terjadinya kehamilan akan semakin besar apabila wanita berhubungan seks di masa suburnya, yaitu masa ketika ovarium melepaskan sel telur ke dalam rahim.

Namun, dikutip dari Health Direct, kehamilan adalah proses yang sangat kompleks dan banyak faktor yang memengaruhinya. Sebagian wanita bisa hamil dengan cepat, tetapi ada pula wanita yang membutuhkan waktu lebih lama untuk hamil meski sudah rutin berhubungan seksual dengan pasangan.

Faktanya, proses kehamilan tidak cukup hanya dengan berhubungan seks saja, ada banyak faktor yang memengaruhinya. Berikut ini beberapa tips atau cara agar cepat hamil yang bisa Anda lakukan jika sedang melakukan program hamil.

Baca Juga: Penyebab dan Gejala Penyakit Anemia yang Wajib Anda Tahu

1. Ketahui kapan masa subur

Salah satu tips atau cara cepat hamil lainnya adalah mengetahui kapan masa subur Anda. Masa subur merupakan masa ovulasi, yaitu ketika ovarium melepaskan sel telur. 

Masa subur biasanya terjadi beberapa hari setelah haid, tergantung pada siklus menstruasi Anda. Tanpa mengetahui masa subur, Anda akan lebih sulit hamil walaupun sudah sering melakukan hubungan intim.

Maka dari itu, saat program hamil Anda harus mengetahui kapan sel telur dilepaskan dalam tubuh wanita.

2. Lakukan hubungan seks secara teratur

Berhubungan seks secara rutin tanpa kondom atau alat kontrasepsi merupakan langkah utama agar Anda bisa cepat hamil. Namun, untuk meningkatkan terjadinya pembuahan dan menciptakan kehamilan, Anda dan pasangan disarankan untuk berhubungan seks saat sedang memasuki masa ovulasi.

Sayangnya, masa ovulasi terkadang bisa bergeser sehingga sulit diprediksi. Hal ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti stres berat dan kelelahan akibat aktivitas fisik atau olahraga berlebihan.

Baca Juga: Kenali Risiko Keracunan Kandungan pada Ibu Hamil

3. Hentikan kebiasaan tertentu

Hindari hal-hal atau kebiasaan yang dapat mengganggu dan berbahaya saat Anda dan pasangan merencanakan kehamilan. Kebiasaan tersebut meliputi:

  • Merokok atau menghirup asap rokok
  • Mengonsumsi minuman keras dan menggunakan obat terlarang
  • Membatasi asupan vitamin A, misalnya dari suplemen dan hati sapi atau ayam
  • Mengonsumsi daging, ikan, dan telur yang belum matang, karena berisiko mengandung bakteri, virus, atau parasit penyebab penyakit infeksi
  • Menghindari konsumsi susu yang tidak terpasteurisasi dan ikan yang banyak mengandung merkuri seperti ikan salmon, tuna, dan tongkol

4. Periksakan kondisi kesehatan ke dokter

Sebelum memulai program hamil, melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter adalah salah satu langkah penting yang perlu dilakukan. 

Memeriksakan kesehatan serta melakukan tes kesuburan sangat berguna untuk memastikan bahwa Anda dan pasangan sama-sama sehat dan bisa segera memulai program hamil.

Jika Anda dan pasangan ternyata memiliki masalah yang menghambat program hamil, hal ini bisa segera ditangani sejak dini. Ingat, semakin cepat masalah diketahui maka semakin cepat dokter dapat mengobati kondisi Anda.

5. Jalani pola hidup sehat

Gaya hidup sehat sangat penting bagi Anda dan pasangan terapkan guna meningkatkan peluang terjadinya kehamilan. Berikut ini adalah pola hidup sehat yang perlu Anda dan pasangan jalani:

  • Jaga berat badan agar tetap ideal dengan berolahraga secara teratur, tetapi hindari olahraga berlebihan karena justru dapat mengganggu kesuburan.
  • Konsumsi makanan bernutrisi seperti ikan, daging, sayuran, kurma dan kacang-kacangan.
  • Batasi konsumsi kafein hingga tidak lebih dari 200 miligram per hari atau setara dengan 1 cangkir kopi dan 2 cangkir teh.
  • Cukupi waktu istirahat, yaitu dengan tidur selama 7–9 jam setiap malam.

Selanjutnya: Manfaat Udang Buat Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News