HOME, Santai

Ingin Berhemat? Coba Lakukan 5 Tips Mudah Berikut Ini Untuk Menekan Pengeluaran

Ingin Berhemat? Coba Lakukan 5 Tips Mudah Berikut Ini Untuk Menekan Pengeluaran

MOMSMONEY.ID - Membiasakan diri untuk berhemat sedari dini memang adalah hal yang harus dijadikan kebiasaan. Namun menyisihkan uang untuk berhemat menjadi hal yang sulit untuk dilakukan di masa yang semakin maju ini.

Beberapa orang mungkin merasakan kesulitan untuk menghemat pengeluaran sehingga berdampak pada tabungan dan investasi di masa depan.

Baca Juga: Ketahui Penyebab dan Tips Cara Mengatasi Mood Swing Berikut Ini!

Namun tak perlu khawatir, Momsmoney telah merangkum beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi pengeluaran uang jika ingin berhemat.

Nongkrong

Kebiasaan baru yang menjadi gaya hidup masa kini adalah nongkrong. Biasanya banyak anak muda yang akan menghabiskan uangnya untuk nongkrong di satu café atau tempat makan baru setiap hari.

Terkadang, tujuan nongkrong juga hanya untuk mencoba ngopi atau pun ngobrol dalam waktu yang lama dengan teman. Cobalah untuk membatasi intensitas nongkrong atau ngopi mahal untuk menghemat pengeluaran.

Membeli barang lucu

Para wanita biasanya menyukai hal-hal yang lucu. Tak jarang mereka membeli suatu barang hanya karena barang tersebut terlihat lucu.

Sebaiknya hindari membeli barang atau mengeluarkan uang untuk membeli barang lucu. Sebab tak semua barang lucu memiliki manfaat dan kegunaan yang sesuai dengan kebutuhan saat ini.

Baca Juga: Ingin Buat Video dengan Font Aesthetic? Coba Download di Website Berikut Ini Saja!

Membeli barang trendy

Sesuatu yang menjadi tren pasti tidak akan bertahan lama. Tren akan selalu berputar dan akan selalu ada tren baru yang tak ada habisnya untuk diikuti.

Mengeluarkan uang untuk membeli barang yang trendy dalam jumlah yang besar tentunya bukan pilihan yang tepat.

Selain karena tidak ada habisnya, mengikuti tren juga dapat membuat keuangan menjadi boros dan tidak hemat.

Perawatan kecantikan

Jika perawatan kecantikan dapat dilakukan di rumah, maka ada baiknya untuk melakukan perawatan tersebut dari rumah saja.

Daripada harus menghabiskan uang lebih untuk membayar perawatan, yang sebenarnya bisa dilakukan sendiri.

Dengan melakukan hal tersebut maka pengeluaran tidak akan terbuang banyak dan tentunya akan membuat pengeluaran lebih hemat.

Koleksi

Selain untuk fungsi investasi, membeli barang-barang koleksi sebaiknya juga mulai dikurangi. Membeli barang koleksi yang tidak memiliki nilai investasi hanya akan membuat pengeluaran terbuang sia-sia.

Ada baiknya jika ingin mengoleksi sesuatu, pastikan terlebih dahulu bahwa barang tersebut memiliki nilai jual dan investasi yang baik. Agar uang yang dikeluarkan untuk membeli barang tersebut tidak sia-sia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News