Santai

Ingin Berhasil Diet? Coba Lakukan Tips Defisit Kalori Berikut Ini!

Ingin Berhasil Diet? Coba Lakukan Tips Defisit Kalori Berikut Ini!

MOMSMONEY.ID - Istilah kalori defisit merupakan istilah yang tidak asing dalam dunia diet. Tentunya jika Anda sedang menjalani program diet, kalori defisit tentunya menjadi perhatian utama.

Kalori defisit menurut Wikipedia adalah jumlah kalori yang dikonsumsi tubuh untuk menjaga berat badan. Kalori defisit sendiri bisa didapatkan dengan cara mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu caranya adalah dengan melakukan diet.

Untuk mencapai kalori defisit yang diinginkan dan untuk mengurangi kalori dalam tubuh, beberapa tips ini mungkin dapat Anda terapkan pada diet Anda.

Baca Juga: Viral di Tiktok, Apa Sih Manfaat Natto bagi Kesehatan? Cari Tahu di Sini!

Kurangi makanan dan minuman proses

Makanan dan minuman yang telah melalui proses di pabrik tentu saja bukan lagi merupakan produk alami. Tambahan gula maupun pengawet dalam porsi banyak dapat mempengaruhi kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Untuk mencapai kalori defisit yang baik, makanan dan minuman sehat tanpa tambahan bahan pengawet atau pemanis buatan harus dijadikan menu utama. Makanan dan minuman sehat ini akan membantu mencegah Anda dari kemungkinan overeating namun dapat membantu Anda untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian.

Kurangi asupan karbohidrat

Womens Health merekomendasikan untuk mengurangi jumlah karbohidrat yang Anda konsumsi jika Anda sedang melakukan program kalori defisit ini. Karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh akan di ubah menjadi gula yang kemudian diserap dan disimpan sebagai cadangan makanan.

Dengan mengurangi konsumsi asupan karbohidrat, tubuh tidak perlu menyimpan banyak sisa makanan sebagai cadangan makanan.

Baca Juga: Bahaya Konsumsi Daging Mentah yang Perlu Anda Waspadai

Olahraga

Semakin aktif Anda maka makin banyak kalori yang dapat Anda bakar untuk bisa mencapai kalori defisit yang Anda targetkan. Olahraga yang Anda lakukan harus disesuaikan dengan tingkat keaktifan Anda dalam satu hari

Jika Anda termasuk orang dengan mobilitas rendah dan jarang melakukan olahraga, maka lakukan olahraga ringan seperti berjalan, bersepeda, atau pilihlah menggunakan tangga daripada lift sebagai olahraga Anda.

Center for Disease Control and Prevention atau CDC, merekomendasikan kegiatan olahraga seperti melakukan kegiatan berkebun, bermain bersama anak secara aktif, maupun bersepeda dengan kecepatan sedang, sebagai kegiatan berolahraga bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan aktif berolahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News