HOME

Ingin Bercocok Tanam dengan Aeroponik? Berikut Pilihan Jenis Tanamannya

Ingin Bercocok Tanam dengan Aeroponik? Berikut Pilihan Jenis Tanamannya

MOMSMONEY.ID - Aeroponik adalah bagian dari metode hidroponik. Dalam aeroponik, Anda tak perlu menggunakan media tanam untuk menanam tanaman. Namun, cukup dengan menyemprotkan larutan nutrisi ke akar tanaman yang digantung selama beberapa waktu.

Jika Anda tertarik untuk mencoba, Anda dapat memulainya dengan memilih jenis tanaman yang tepat untuk bercocok tanam dengan Aeroponik. Dilansir dari cybex.pertanian.go.id, jenis tanaman yang sering dibudidayakan secara aeroponik pada umumnya berupa sayuran daun yang waktu panennya sekitar satu bulan setelah pindah tanam. Nah, berikut jenis tanamannya:

Baca Juga: Begini Cara Mengidentifikasi Ciri-Ciri Tanaman Hias yang Beracun

Berbagai Jenis Ubi-Ubian

Ubi-ubian yang dapat ditanam dengan aeroponik adalah kentang, wortel, dan lobak. Larutan nutrisi yang secara berkala disemprotkan ke akar tanaman, dapat  diserap langsung oleh bagian umbi yang menyatu dengan akar.

Cabai

Cabai adalah tanaman yang paling subur saat dipelihara secara mandiri di rumah. Ada berbagai jenis cabai yang bisa ditanam dengan aeroponik, seperti cabai rawit atau cabai keriting. Tanaman cabai ini dapat dipanen setelah berumur 75-85 hari sejak ditanam pertama kali.

Baca Juga: Rawan Menguning, Begini Cara Merawat Tanaman Monstera

Tomat

Ada berbagai macam tomat yang dapat ditanam dengan sistem aeroponik. Mulai dari tomat sayur, tomat ceri, hingga tomat yang berukuran besar. Tomat biasanya dapat dipanen setelah berumur 90 hari.

Baca Juga: Manfaat Tanaman Hias Philodendron Hilangkan Zat Racun Penyebab Kanker

Kangkung

Kangkung merupakan tanaman yang mudah dibudidayakan. Kangkung juga mudah dalam perawatan karena yang terpenting, kangkung mendapatkan cukup nutrisi. Setiap wadah, dapat diisi dengan dua benih kangkung. Kangkung sudah dapat dipanen dalam 21 hari jika kesuburannya baik.

Selada Daun

Selada adalah sayuran yang paling populer ditanam dengan aeroponik. Umumnya, tanaman ini tak membutuhkan banyak perawaan khusus. Tanaman selada dapat dipanen setelah berumur kurang lebih 1 bulan.

Selanjutnya: Begini Langkah-Langkah Budidaya Tanaman dengan Sistem Aeroponik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News