AturUang

Ingin Beli Rumah, Simak Dulu Biaya yang Harus Dikeluarkan

Ingin Beli Rumah, Simak Dulu Biaya yang Harus Dikeluarkan

Dinding rumah berwarna hijau sage

Keuntungan lainnya adalah, Anda bisa membuat desain rumah maupun desain interior sesuai dengan keinginan. Jika Anda bosan dengan desain lama, Anda juga bisa dengan mudah mengubah gaya hunian. Asalkan, sesuai dengan budget yang Anda miliki. Di usia pensiun pun, Anda tidak perlu lagi pusing karena sudah memiliki rumah tetap. 

Baca Juga: Harga Rumah Makin Tinggi, Pilih Beli Rumah atau Ngontrak?

Namun, di sisi lain membeli rumah juga membuat Anda mengorbankan banyak hal. Antara lain banyaknya biaya tambahan dalam proses jual beli rumah. Biaya tersebut antara lain biaya tanda jadi dengan pihak pengembang, biaya notaris untuk akad jual-beli rumah, biaya Sertifikat Hak Milik (SHM) hingga biaya perolehan hak atas Tanah dan Bangunan.

Baca Juga: Mau Kontrak Rumah, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Solusi Kamar Tidur Bergaya Skandinavia dengan Total Budget di Bawah Rp10 juta

Biaya lain yang mungkin terlihat kecil adalah biaya perawatan rumah. Meski kecil, biaya ini bisa menjadi biaya yang besar jika terakumulasi. Biaya perawatan ini antara lain perbaikan saluran air, perbaikan listrik, perbaikan genteng atau perabotan rumah lainnya. Belum lagi, jika Anda memiliki rumah yang berada di daerah bencana seperti dekat dengan gunung api. Jika demikian, nilai rumah kamu bisa saja mengalami penurunan saat akan menjualnya kembali. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News