HOME, Santai

Ingin Batalkan Interview Kerja? Ikuti Beberapa Tips dan Etikanya Berikut Ini!

Ingin Batalkan Interview Kerja? Ikuti Beberapa Tips dan Etikanya Berikut Ini!

MOMSMONEY.ID - Mencari sebuah pekerjaan memang bukanlah sesuatu yang mudah untuk didapatkan. Banyaknya pesaing tentunya juga menjadi salah satu penyebabnya.

Selain itu, proses panjang seleksi juga harus harus diikuti pelamar kerja, termasuk melakukan proses interview.

Tak jarang karena satu hal dan lainnya, membuat pelamar berhalangan hadir dalam sebuah proses interview yang dilakukan oleh perusahaan.

Baca Juga: Resign Juga Ada Etikanya Loh, Ini Beberapa Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Resign!

Membatalkan interview juga memiliki beberapa etika yang sebaiknya diperhatikan oleh pelamar kerja. Agar tidak menimbulkan jarak dan kesan buruk antar calon pekerja dan perusahaan.

Cara untuk membatalkan interview atau proses wawancara sendiri sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan.

Melansir dari laman Wiki How, hal pertama yang harus dilakukan adalah tetap bersikap sopan dan meminta maaf karena tidak dapat menghadiri proses interview.

Hal tersebut dapat dilakukan melalui email atau telepon. Jangan lupa untuk memberikan alasan dengan jelas mengapa tidak dapat mengikuti proses interview.

Baca Juga: Ikonik Semua! Ini Daftar Film Terbaik Aktor Johnny Depp!

Selain itu, ada baiknya untuk memberikan respon balasan kepada recruiter secepatnya tepat setelah mendapatkan kabar untuk melakukan proses interview.

Berikan balasan respon akan hadir atau berhalangan hadir dalam proses interview agar recruiter dapat segera mendapat kepastian mengenai peserta interview dan mengetahui beberapa halangan yang bisa menghalangi proses interview.

Setelah itu, jika masih tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut, jangan lupa menanyakan kemungkinan adanya kesempatan untuk melakukan reschedule atau penjadwalan ulang untuk melakukan proses interview kerja.

Namun jika sudah mendapatkan pekerjaan lain dan sudah tidak berminat untuk menghadiri proses interview, ungkapkan juga dengan alasan yang jelas tanpa menyakiti pihak recruiter.

Walaupun sudah tidak menginginkan posisi tersebut, jangan lupa untuk tetap professional dengan mengucapkan permintaan maaf karena tidak dapat melanjutkan ke proses selanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News