HOME, Keluarga

Ingin Awet Muda? Ini 8 Cara Meningkatkan Elastisitas Kulit!

Ingin Awet Muda? Ini 8 Cara Meningkatkan Elastisitas Kulit!

MOMSMONEY.ID - Elastisitas kulit sebagaimana dilansir dari Halodoc adalah kemampuan kulit untuk meregang dan kembali ke bentuk aslinya. Yang bertanggung jawab atas elastisitas kulit dinamakan elastin.

Elastin merupakan protein berserat yang ditemukan di lapisan dermal kulit dan bertugas untuk membuat kulit kencang, halus, dan awet muda. Saat elastin menipis, tanda-tanda penuaan seperti kendur, garis-garis halus, dan kerutan pun akan muncul pada kulit.

Adapun hilangnya elastisitas kulit akibat penipisan elastin dinamakan elastosis. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya elastosis adalah paparan sinar matahari, penuaan, polusi, pola makan yang tidak benar, dan kebiasaan merokok.

Baca Juga: 8 Makanan Anti-Aging yang Patut Dikonsumsi di Usia 40-an, Kulit Jadi Minim Kerutan

Moms, jika Anda merasa bahwa elastisitas kulit mulai berkurang, cobalah 8 cara yang dilansir dari Skinkraft Laboratories berikut ini untuk membantu meningkatkan elastisitas kulit sehingga tampil awet muda.

1. Gunakan retinol dan retinoid

Retinol dan retinoid merupakan turunan vitamin A sekaligus bahan penting dalam skincare anti-aging. Tersedia dalam bentuk topikal seperti serum maupun krim, retinol dan retinoid bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolagen dan elastin kulit sekaligus membantu pergantian sel kulit.

2. Manfaatkan hyaluronic acid

Hyaluronic acid atau asam hialuronat secara alami ditemukan pada kulit dan memiliki kemampuan untuk menahan air. Namun, seiring bertambahnya usia, hyaluronic acid alami akan terkuras dan mengalami pengurangan. Akibatnya, kulit rentan mengering, menua, dan kendur.

Oleh sebab itu, hyaluronic acid oral atau topikal sangat diperlukan guna membantu mengembalikan elastisitas kulit.

3. Perawatan laser

Terapi laser melibatkan penggunaan cahaya untuk mengobati berbagai kondisi dermatologis. Penelitian telah menunjukkan bahwa kombinasi laser fraksional non-ablatif (NAFL) dan terapi intense pulsed light (IPL) dapat membantu meningkatkan elastisitas pada sekelompok orang.

4. Chemical peeling

Chemical peeling adalah teknik pengelupasan sel kulit mati dengan menggunakan bahan kimia seperti glycolic acid atau lactic acid. Setelah sel-sel kulit mati terangkat, sel kulit yang baru pun akan menggantikannya dan menjadikan kulit tampak lebih halus dan sehat.

Selain berguna untuk mengelupas sel kulit mati, chemical peeling juga terbilang efektif untuk meningkatkan elastisitas kulit dan produksi kolagen serta melawan photoaging.

5. Konsumsi vitamin

Meskipun perawatan eksternal cukup membantu meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit, namun perawatan tersebut tidak dapat memberikan hasil jangka panjang jika tidak dibarengi dengan dosis harian vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Bisa ditemukan dengan mudah dalam bentuk makanan maupun suplemen, ketiga jenis vitamin tersebut diketahui mampu meningkatkan elastisitas kulit.

6. Minum suplemen kulit

Kolagen, zinc, coenzyme Q10, dan peptide adalah beberapa suplemen yang bisa Anda pertimbangkan untuk meningkatkan elastisitas kulit. Perlu Anda ketahui bahwa tubuh tidak dapat membuat semua nutrisi dan elemen penting tersebut seiring bertambahnya usia. Jadi, kemungkinan besar Anda membutuhkannya dalam bentuk suplemen.

7. Makan makanan sehat

Makan makanan seperti sayuran hijau, ikan berlemak, buah jeruk, brokoli, almond, dan kenari dapat mengisi kembali elastin di kulit Anda. Makanan tersebut diklaim dapat bekerja dari dalam untuk meningkatkan kesehatan kulit. Selain makanan yang sudah disebutkan, jangan lupa untuk makan makanan tinggi antioksidan seperti teh hijau dan buah beri juga ya.

8. Olahraga

Olahraga dapat meningkatkan metabolisme sel-sel kulit dan membuat kulit terlihat lebih muda. Aktivitas positif ini mampu meningkatkan sirkulasi darah dan membantu menjaga kulit tetap kencang. Entah itu bersepeda, berlari, berenang, atau sekadar berjalan santai, pastikan Anda selalu meluangkan waktu selama beberapa menit dalam sehari untuk berolahraga jika menginginkan tubuh dan kulit yang senantiasa sehat.

Demikian 8 cara yang bisa Anda coba untuk meningkatkan elastisitas kulit. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dipraktikkan ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News