HOME, Keluarga

Ingin Air Conditioner Tahan Lama dan Awet? Berikut Tips untuk Anda

Ingin Air Conditioner Tahan Lama dan Awet? Berikut Tips untuk Anda

MOMSMONEY.ID - Di negara tropis seperti Indonesia, keberadaan penyejuk udara seperti air conditioner atau AC merupakan salah satu hal yang wajib ada di rumah. Berkat AC, kita tidak perlu sering-sering berurusan dengan udara panas.

Karena termasuk barang elektronik yang tidak murah, AC perlu dijaga dan dirawat dengan baik supaya awet dan tahan lama. Sayang ‘kan, jika AC cepat rusak dan Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mengganti AC tersebut?

Jadi, yuk cari tahu bagaimana caranya menjaga dan merawat AC dengan baik. Dilansir dari Selka Indonesia dan Mitsubishi, berikut tips merawat AC yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Mesin Cuci Front Loading Terbaik yang Berkualitas

Sesuaikan besar PK AC dengan luas ruangan

Sebelum telanjur membeli AC, ada baiknya Anda memeriksa besaran PK AC yang Anda incar. Jangan sampai besaran PK AC tersebut tidak cocok dengan luas ruangan yang akan ditempatinya.

Pasalnya, besaran PK akan mempengaruhi kinerja AC. Jika Anda menggunakan AC dengan PK rendah pada ruangan yang besar, ruangan tersebut tidak akan sejuk dan malah akan memaksa kinerja AC sehingga cepat rusak. Di sisi lain, penggunaan AC dengan PK besar pada ruangan kecil malah akan membuat boros listrik.

Jangan langsung nyalakan AC di suhu rendah

Ketika udara sedang panas-panasnya, mungkin Anda tergoda untuk langsung menyalakan AC dengan suhu yang rendah. Padahal, kebiasaan ini dapat merusak komponen di dalam AC karena langsung dipaksa bekerja secara berlebihan.

Sebaiknya, nyalakan AC pada suhu yang standar, misalnya 25 derajat. Lalu, biarkan AC mendinginkan ruangan dengan perlahan sehingga tidak bekerja terlalu keras. Jika dirasa kurang dingin, turunkan suhu AC secara perlahan-lahan, misalnya 1 atau 2 derajat lebih rendah setiap kali diturunkan.

Bersihkan filter secara rutin

AC menggunakan filter atau saringan di bagian dalamnya untuk menyaring debu dan partikel halus yang ada di udara, sehingga udara yang dihembuskan ke dalam ruangan lebih bersih.

Nah, debu yang menumpuk di dalam filter ini bisa menghambat kinerja AC, sehingga menyebabkan ruangan tidak dingin. Jika ruangan tidak dingin, AC akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan sehingga dapat merusak komponen di dalamnya. Jadi, biasakan untuk membersihkan filter AC secara rutin.

Baca Juga: 5 Ide Penggunaan Warna Oranye di Ruang Keluarga, Cerah dan Segar

Servis secara berkala

AC merupakan barang elektronik dengan komponen yang cukup rumit. Jadi,  Anda perlu memanggil tukang servis profesional untuk mengecek dan memperbaiki kondisi AC secara rutin, misalnya mencuci AC atau mengganti freon.

Melakukan servis secara berkala dapat membantu menjaga kondisi AC Anda tetap prima dan terhindar dari masalah-masalah tertentu yang dapat menghambat kinerja AC.

Matikan AC jika tidak diperlukan

Tips terakhir ini memang terdengar sepele, tapi ampuh dalam menjaga keawetan AC dalam jangka panjang. Pasalnya, mematikan AC saat sedang tidak digunakan dapat membantu mengistirahatkan komponen-komponen di dalam AC untuk sementara, sehingga kinerjanya dapat terjaga.

Selain itu, mematikan AC saat tidak diperlukan juga dapat membantu menghemat konsumsi listrik di rumah. Anda pun tidak perlu khawatir dengan biaya listrik yang membengkak.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga AC agar awet dan tahan lama. Bagaimana, tipsnya cukup mudah, kan? Selamat mempraktikkan!

Selanjutnya: 6 Tips Memaksimalkan Ruang di Kamar Tidur Sempit, Bikin Lega dan Nyaman!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News