Bugar

Ingat! 8 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Masker Wajah

Ingat! 8 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Masker Wajah

MOMSMONEY.ID - Perlu Anda tahu hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan masker wajah. Masker wajah adalah salah satu rangkaian produk skincare yang harus dilakukan setiap minggu.

Kini, semakin banyak jenis dan varian masker wajah yang menarik buat dicoba. Mulai dari masker berbahan alami hingga bahan aktif skincare. 

Agar hasil yang didapatkan maksimal, cari tahu hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan masker wajah dilansir dari thebodyshop.co.id, yaitu: 

1. Kenali Jenis Kulit Anda

Pertama, hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan masker adalah kenali jenis dan kondisi kulit Anda. Hal ini agar masker bisa bekerja maksimal dan menunjukkan hasil baiknya. Hindari memakai masker untuk ikut-ikutan tren saja, karena dampaknya bisa berbahaya dan memperburuk kondisi kulit Anda.

2. Cuci Muka Dahulu

Sebelum memakai masker wajah, Anda harus mencuci muka sebelum mengoleskan masker ke wajah. Jika wajah tidak bersih, maka bisa mengakibatkan kotoran yang ada di wajah terjebak dan berpotensi masuk ke dalam pori-pori dan membuat bahan-bahan aktif di dalam masker sulit diserap kulit. Hal ini tentu bisa membuat penggunaan masker wajah menjadi kurang efektif.

3. Gunakan Masker Saat Wajah Masih Lembab

Kemudian, gunakan masker saat wajah masih lembab. Dengan kondisi kulit yang lembab membuat masker menyebar lebih merata dan menyerap bahan-bahan di dalam masker wajah dengan baik.

4. Hindari Mendiamkan Masker Terlalu Lama

Hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan masker selanjutnya adalah hindari mendiamkan masker terlalu lama. Tidak jarang banyak orang yang menganggap jika masker wajah akan bekerja lebih baik jika dibiarkan menempel di wajah lebih lama.

Sebenarnya hal tersebut tidaklah benar. Sebab sebagian masker wajah bisa menyebabkan kekeringan, pengelupasan, dan pembengkakan jika dibiarkan terlalu lama.

Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan cara pemakaian dari produk masker wajah yang digunakan. Biasanya di kemasannya dicantumkan bagaimana cara pemakaian produk masker wajah. 

Baca Juga: Harus Dicoba! 5 Cara Mengatasi Kulit Bersisik dengan Perawatan Rumahan

5. Gunakan Masker 1-3 kali Seminggu

Hindari menggunakan masker wajah setiap hari karena hal tersebut tidak benar. Masker wajah diibaratkan sebagai ‘obat’ untuk membantu merawat kulit wajah Anda.

Penggunaan masker wajah yang benar itu hanya satu sampai tiga kali saja agar keesokan harinya kulit bisa menjadi lebih baik kondisinya.

6. Masker Bisa Digunakan di Daerah Mata dan Alis

Selanjutnya, masker bisa digunakan di daerah mata dan alis. Kebanyakan produk masker tidak membahayakan kelopak mata dan alis. Namun, jika menggunakan jenis peel-of (pengelupasan), sebaiknya jangan menggunakan hingga area mata karena saat melepaskannya, bisa membuat beberapa helai alis atau bulu mata tercabut.

7. Boleh Menggunakan Masker Wajah Sampai Leher, Asal

Sebenarnya boleh menggunakan masker wajah sampai leher, kecuali memiliki kulit yang tipis dan sensitif. Perlu Anda tahu, jika lapisan luar pada leher dan dada bisa lebih tipis dan memiliki lebih sedikit kelenjar minyak.

Dengan kondisi tersebut, kulit leher bisa bereaksi negatif terhadap bahan aktif tertentu. Bila saat menggunakan masker, leher Anda mengalami kemerahan atau iritasi di daerah leher dan dada, segera hentikan pemakaian masker di area tersebut. 

8. Bisa Menggunakan Masker dengan Varian yang Berbeda-beda

Bagi pemilik kulit kombinasi (ada bagian yang kering, tapi di area lain berminyak), memerlukan masker wajah yang bisa multi-tasking.

Jadi ada sebagian orang yang memakai aneka masker berbeda varian di area wajah yang berbeda. Hal tersebut cenderung aman, asalkan Anda mengikuti cara penggunaan masker nya.

Nah, itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum menggunakan masker wajah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News