HOME, Keluarga

Imunisasi Anak Bakal Tercatat di Aplikasi PeduliLindungi

Imunisasi Anak Bakal Tercatat di Aplikasi PeduliLindungi

MOMSMONEY.ID - Kementerian Kesehatan akan melakukan digitalisasi data imunisasi anak. Ke depan, sistem pendataan imunisasi anak akan langsung tersimpan di aplikasi PeduliLindungi, tidak lagi dilakukan secara manual.

"Terkait dengan imunisasi, kami akan melakukan digitalisasi penuh, sehingga semua anak-anak yang nanti kita lakukan imunisasi akan terekam individunya," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin seperti dikutip dari situs Kemenkes, Kamis (13/5).

Menurut Budi, digitalisasi data imunisasi ini akan mempermudah orang tua mengakses data imuniasai anak setiap saat. Orang tua pun tak perlu khawatir data akan hilang meski hingga belasan tahun, tercecer, bahkan rusak. Ini akan berbeda dengan kartu atau buku KIA yang selama ini digunakan untuk mencatat data imunisasi anak.

Baca Juga: Catat! Inilah 5 Manfaat Kacang Almond untuk Pertumbuhan Anak

Dia menjelaskan, nantinya setiap anak akan memiliki sertifikat elektronik yang disimpan secara digital.

"Jadi kalau sewaktu-waktu dibutuhkan, baik 15 tahun lagi atau 20 tahun lagi, data itu tetap tersimpan dengan aman di Kementerian Kesehatan," kata Budi.

Adapun, Budi mengatakan pendataan digitalisasi ini tengah dalam persiapan. Walau begitu, dia berharap sistem ini akan rampung dalam waktu dekat dan bisa digunakan untuk mendukung peningkatan cakupan program imunisasi rutin pada anak.

Digitalisasi data imuniasasi anak ini pun merupakan bagian dari transformasi digital kesehatan bidang layanan kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News