Santai

IMEI Terdaftar tapi Sinyal Tidak Muncul, Ini Penyebab dan Solusi Mengatasinya

IMEI Terdaftar tapi Sinyal Tidak Muncul, Ini Penyebab dan Solusi Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Masalah IMEI terdaftar tapi sinyak tidak muncul kerap ditemui oleh sejumlah pengguna Android maupun iPhone. 

Ada beberapa penyebab mengapa IMEI terdaftar tapi sinyal tidak muncul. Biasanya, hal ini terjadi karena terdapat masalah pada ponsel atau kartu SIM. 

Sebelum membawa ke tukang servis HP, sebaiknya Anda mengikuti cara untuk menuntaskan masalah IMEI terdaftar tapi sinyal tidak muncul. 

Ada beberapa solusi untuk mengatasi masalah IMEI terdaftar tapi sinyal tidak muncul. 

Untuk memperbaiki masalah IMEI terdaftar tapi sinyal tidak muncul di Android, Anda harus memulai ulang perangkat seluler. 

Baca Juga: Begini Cek Lokasi HP dengan IMEI Beserta Cara Blokir Ponsel yang Hilang

Jika penerima sinyal telepon tidak berfungsi setelah ini, aktifkan mode Pesawat. Jika penerima sinyal telepon tetap tidak berfungsi, Anda harus memilih jaringan secara manual.

Mengutip CarlCare, berikut cara mengatasi masalah IMEI terdaftar tapi sinyal tidak muncul:

  • Arahkan Pengaturan Anda
  • Buka Jaringan & Internet
  • Pilih Jaringan Seluler
  • Matikan "Pilih Jaringan Secara Otomatis"
  • Daftar penyedia jaringan akan muncul
  • Pilih yang benar dan lihat apakah ini akan memperbaiki masalah
  • Jika ini tidak memperbaiki penerima sinyal telepon tidak berfungsi, maka itu berarti kartu sim Anda telah copot. Matikan ponsel Anda dan perbaiki kartu sim dengan baik. Dengan metode ini, Anda juga dapat dengan mudah memperbaiki masalah tidak ada sinyal di ponsel Android Anda.

Namun, jika cara mengatasi masalah IMEI terdaftar tapi sinyal tidak muncul ini tidak berhasil, maka Anda bisa menggunakan cara lain. 

Baca Juga: Benarkah iPhone Tidak Ada Layanan karena IMEI Diblokir? Simak 8 Cara Mengatasinya

Berikut cara memperbaiki HP tidak ada sinyal 

Menghidupkan ponsel Anda untuk mengetahui bahwa ponsel Anda mengenali kartu sim tetapi tidak memiliki sinyal dapat membuat frustasi pada waktu-waktu tertentu. Untuk memperbaiki telepon mengenali sim tetapi tidak memiliki sinyal, cukup lakukan ini:

  • Buka Pengaturan Anda
  • Buka Jaringan & Internet
  • Pilih jaringan seluler
  • Aktifkan Roaming
  • Hapus cache Telepon
  • Nyalakan ulang ponsel Anda dan penerima sinyal Anda akan mulai berfungsi
  • Dengan langkah-langkah sederhana ini, Anda dapat dengan mudah memperbaiki ponsel yang mengenali Sim tetapi tidak ada sinyal.

Penyebab sinyal tidak muncul 

1. Jaringan yang buruk 

Salah satu alasan paling umum untuk sinyal seluler yang lemah atau hilang hanyalah jangkauan jaringan yang buruk di wilayah Anda.

Baca Juga: Jangan Tertipu, Ini 4 Cara Mengetahui iPhone Asli atau Palsu

Tidak banyak yang dapat Anda lakukan tentang jangkauan jaringan yang buruk, tetapi ada beberapa hal yang dapat membantu:

- Periksa peta jangkauan ponsel Anda.

- Gunakan penguat sinyal.

- Lebih dekat ke jendela.

- Cobalah pergi ke luar. 

2. Kartu SIM rusak

Alasan umum lainnya untuk sinyal seluler yang lemah atau hilang adalah kartu SIM yang rusak. Jika kartu SIM Anda rusak, ini dapat menyebabkan masalah pada sinyal Anda.

Untuk memeriksa apakah kartu SIM Anda yang bermasalah, coba masukkan ke telepon lain dan lihat apakah Anda mendapat sinyal. Jika ponsel lain memiliki sinyal yang kuat, tetapi milik Anda tidak, kemungkinan besar kartu SIM Anda yang bermasalah.

Jika kartu SIM Anda rusak, Anda harus mendapatkan pengganti dari penyedia jaringan Anda.

Baca Juga: Daftar Harga HP iPhone 13 Pro Max di iBox, per Oktober 2022

3. Ponsel rusak

Salah satu masalah umum adalah kerusakan air. Jika ponsel Anda terjatuh ke dalam air atau basah, kemungkinan air telah merusak komponen internal dan menyebabkan hilangnya sinyal.

Kemungkinan lain adalah antena ponsel Anda rusak. Ini sering terjadi jika Anda menjatuhkan ponsel, jadi ada baiknya memeriksa kerusakan fisik pada handset Anda.

Nah itulah beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi masalah IMEI terdaftar tapi sinyal tidak muncul. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News