HOME, Bugar

Ikuti 8 Cara Menghilangkan Minyak Membandel di Wajah

Ikuti 8 Cara Menghilangkan Minyak Membandel di Wajah

MOMSMONEY.ID - Minyak membandel di wajah disebabkan oleh produksi kelenjar minyak atau sebaceous yang berlebih. Walaupun sebenarnya fungsi dari produksi kelenjar minyak untuk melembabkan kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan dini, tetapi jika berlebihan juga dapat menggangu penampilan. 

Minyak berlebih dapat mengakibatkan kulit berjerawat, berkomedo, wajah terlihat kusam dan pori-pori menjadi besar. Oleh karena itu, agar produksi minyak di wajah dapat seimbang dan terhindar dari masalah-masalah kulit wajah, anda dapat melakukan delapan cara ini. 

Berikut delapan cara menghilangkan minyak membandel di wajah dilansir dari senka.id, yaitu: 

1. Melakukan double cleansing

Teknik double cleansing dipercaya mampu menghilangkan minyak membadel di wajah. Teknik double cleansing adalah teknik mencuci muka dengan dua tahapan yaitu menggunakan makeup remover dan dilanjutkan dengan mencuci muka menggunakan facial foam. Pilihlah makeup remover dan facial foam yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit wajah anda. 

2. Gunakan pelembab wajah

Cara menghilangkan minyak di wajah selanjutnya dengan mengunakan pelembab wajah. Walaupun wajah anda terasa sangat berminyak, tetapi penggunaan pelembab tetap dianjurkan. 

Kulit berminyak tetap membutuhkan pelembap wajah yang bisa mengurangi kelebihan minyak dan menjaga kulit tetap lembap di saat yang sama. Agar tidak salah pilih, pastikan anda memilih pelembap tanpa kandungan minyak di dalamnya serta dengan tekstur gel.

Double cleansing

3. Persiapkan kertas minyak

Selalu bawa kertas minyak atau face paper untuk mengangkat minyak di wajah sehari-hari. Kertas minyak berfungsi menyerap minyak pada wajah anda. Meskipun tidak dapat mengurangi produksi minyak, kertas minyak bisa menjadi solusi untuk mengangkat minyak berlebih seketika agar wajah tampil matte dan bebas kilap.

4. Pakai sunscreen bebas minyak

Cara menghilangkan minyak di wajah selanjutnya dengan menggunakan susncreen bebas minyak. Jangan lupakan dengan rangkaian skincare yang satu ini walaupun kulit anda berminyak. Sebab, sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit anda dari sinar UV.

Oleh karena itu, pilihlah sunscreen tanpa kandungan minyak di dalamnya serta non-comedogenic sunscreen yang tidak akan menyumbat pori, sehingga tidak memicu produksi minyak berlebih pada wajah.

Baca Juga: Ampuh Atasi Jerawat, Ini Dia Resep Kecantikan & Manfaat Kunyit untuk Perawatan Kulit

5. Gunakan toner wajah

Toner juga merupakan salah satu rangkaian skincare yang tidak boleh dilewatkan. Toner memiliki manfaat dapat mengurangi produksi minyak berlebih di wajah.

Agar mendapatkan hasil yang optimal, pilihlah jenis toner yang bebas minyak dan memiliki kandungan skincare seperti AHA, BHA, witch hazel, dan bahan aktif lainnya yang cocok untuk kulit berminyak.

6. Perawatan wajah dengan es batu

Cara menghilangkan minyak membandel di wajah lainnya dengan perawatan menggunakan es batu. Es batu dipercaya mampu mengurangi kelebihan minyak pada wajah. Hal tersebut karena es batu dapat mengencangkan dan memperkecil pori-pori kulit, sehingga dapat mengurangi minyak berlebih pada wajah.

Cara perawatan dengan es batu cukup mudah yaitu dengan mengusap es batu secara perlahan pada permukaan kulit wajah yang sudah dibersihkan dahulu. .

Es batu

7. Batasi pemakaian scrub

Sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan scrub di wajah karena dapat memperbanyak produksi minyak di kulit wajah. Sifat scrub yang cukup keras, dapat membuat kulit menjadi kering dan iritasi yang akan memicu kulit memproduksi minyak lebih banyak agar kulit tetap lembap. Oleh karena itu, sebaiknya anda membatasi penggunaan scrub secara berlebihan minimal 1x dalam seminggu .

8. Pilih skincare berbahan clay

Cara menghilangkan minyak di wajah terakhir adalah dengan memilih skincare berbahan clay. Bahan dasar clay dipercaya mampu mengangkat minyak pada wajah, karena dapat membersihkan kulit hingga ke dalam pori-pori dan mengangkat sel kulit mati dengan efektif

Selanjutnya: Inilah 3 Cara Menghabiskan Produk Skincare yang Tidak Cocok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News