Ikuti 5 Gerakan Yoga Asana Ini untuk Mendapatkan Kulit yang Sehat dan Awet Muda

Reporter: Ana Risma
Senin, 29 November 2021 | 19:15 WIB
Ikuti 5 Gerakan Yoga Asana Ini untuk Mendapatkan Kulit yang Sehat dan Awet Muda

ILUSTRASI. Adho Mukha Svanasana

MOMSMONEY.ID - Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan spiritual, yoga juga menyimpan manfaat lain yang ternyata bagus untuk kulit. Faktanya, yoga yang dilakukan secara teratur dapat menjadi cara luar biasa untuk melawan tanda-tanda penuaan kulit seperti garis-garis halus dan kerutan.

Untuk menciptakan kulit yang tampak awet muda, Anda bisa mencoba yoga asana. Dikutip dari website Ganesha Riset dan Pengembangan Indonesia, yoga asana adalah suatu usaha atau cara untuk menyatukan kekuatan jiwa dan raga serta alam sebagai sarana penyembuhan berbagai penyakit jasmani dan rohani melalui gerakan anggota gerak tubuh yang luwes. Yoga asana sendiri telah dipelajari, dikembangkan, serta dipraktikkan oleh para yogi di pedalaman India.

Melansir BeBeautiful, inilah 5 gerakan yoga asana yang berguna untuk mengencangkan kulit Anda terutama di area sekitar wajah dan leher.

Baca Juga: Saat Anak Remaja Mulai Berpacaran, Ini yang Sebaiknya Orang Tua Lakukan

1. Sarvangasana

Sarvangasana

Sarvangasana atau penyangga bahu adalah cara jitu untuk membuat kulit Anda bercahaya dan tampak awet muda. Melakukan sarvangasana secara teratur dapat membantu kulit Anda dalam jangka panjang.

Untuk gerakan yoga asana yang satu ini, mulailah dengan berbaring telentang lalu angkatlah kaki, bokong, dan punggung Anda secara perlahan-lahan. Anda harus menopang semua berat badan Anda pada bahu dengan tangan menopang punggung. Pastikan, Anda membuat kaki Anda sejajar dengan posisi bahu Anda ya.

2. Hastapadasana

Hastapadasana

Hastapadasana atau tekuk berdiri ke depan dapat membantu kulit melawan radikal bebas penyebab penuaan dini.

Berdirilah dengan kaki terpisah sejauh pinggul dan angkat tangan Anda ke atas kepala. Kemudian, mulailah membungkuk ke depan perlahan untuk menyentuh jari-jari kaki Anda. Jika Anda baru pertama kali mencoba hastapadasana dan kesulitan untuk menyentuh jari kaki Anda, maka tak perlu khawatir karena latihan yang teratur akan menjadikan Anda mahir untuk melakukannya.

3. Halasana

Halasana

Dikenal sebagai pose bajak, halasana mampu membuat kulit menjadi sehat, bercahaya, dan terhindar dari tanda-tanda penuaan.

Pertama-tama, baringkan tubuh Anda dalam posisi telentang dengan tangan dibiarkan di samping tubuh. Dengan menggunakan kekuatan inti Anda, angkat kedua kaki Anda lalu arahkan ke bawah menuju kepala hingga jari-jari kaki Anda menyentuh lantai. Pertahankan posisi ini selama beberapa detik kemudian kembalikan kaki Anda ke posisi semula secara perlahan-lahan.

4. Bakasana

Bakasana

Meski tampak menakutkan, bakasana sebenarnya cukup bagus untuk kulit Anda lho.

Duduklah dalam posisi malasana (squat) lalu letakkan telapak tangan Anda di lantai hadapan Anda. Perlahan-lahan, mulailah mendorong berat badan Anda ke depan dan sejajarkan lutut dengan otot trisep Anda. Setelah itu, dengan beban paling banyak di tangan Anda, mulailah mengangkat kaki Anda dari lantai dan luruskan tangan Anda untuk menahan posisi tersebut.

Mungkin perlu waktu untuk menguasai asana ini, tetapi Anda patut untuk mencobanya guna mencegah kemunculan kerutan pada kulit Anda.

5. Adho Mukha Svanasana

Adho Mukha Svanasana

Dari mulai membantu melawan jerawat hingga kerutan, adho mukha svanasana alias pose anjing menghadap ke bawah adalah anugerah bagi kulit Anda.

Mulailah asana ini dengan memosisikan lutut, tangan, bahu, dan pinggul supaya terpisah masing-masing. Kemudian, sejajarkan tubuh Anda dalam pose kucing-sapi dan perlahan angkat lutut Anda dari lantai. Lanjutkan dengan mendorong tubuh Anda ke atas dari lantai sampai Anda mencapai pose anjing yang menghadap ke bawah.

Pastikan tangan dan kaki Anda ditempatkan dengan benar dan teruslah bernapas sepanjang asana ini berlangsung.

Itulah 5 gerakan yoga asana yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit sekaligus mencegahnya dari penuaan dini. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mencobanya?    

 

Selanjutnya: Jika Kulit Anda Sensitif, Hindarilah 4 Bahan Kimia Berbahaya Ini Sekarang Juga

Editor: Ana Risma
Terbaru