Ikuti 5 Cara Perawatan Keratin Rambut di Rumah, Rambut Sehat & Berkilau!

Sumber: Dove
Kamis, 25 November 2021 | 14:38 WIB
Ikuti 5 Cara Perawatan Keratin Rambut di Rumah, Rambut Sehat & Berkilau!

ILUSTRASI. Ikuti 5 Cara Perawatan Keratin Rambut di Rumah, Rambut Sehat & Berkilau!

MOMSMONEY.ID - Keratin adalah protein yang ditemukan pada rambut, kulit dan kuku. Melansir dari dove.com, keratin berfungsi untuk menjaga struktur kulit dan dapat menjaga rambut tetap sehat dan kuat.

Namun, keratin bukan protein yang bisa Anda temukan di makanan tertentu dan tidak semua bisa memproduksi keratin secara alami. Sehingga, Anda memerlukan produk perawatan rambut yang mengandung keratin dan cara merawatnya.

Untuk memiliki rambut sehat dan berkilau, inilah lima cara perawatan keratin rambut di rumah dilansir dari dove.com, yaitu: 

1. Menggunakan Keratin Sampo

Cara perawatan keratin rambut pertama adalah menggunakan keratin sampo. Mencuci rambut dengan keratin sampo merupakan hair care di rumah termudah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keratin treatment. Anda bisa memilih produk keratin sampo.

Setelah menggunakan shampo, dilanjutkan dengan mengaplikasikan conditioner juga. Pastikan conditioner yang Anda gunakan juga memiliki formula yang sama dengan shampo Anda agar treatment keratin yang Anda lakukan semakin optimal.

2. Melakukan Deep Conditioning

Selanjutnya, perawatan keratin rambut yang dilakukan yaitu melakukan deep conditioning. Deep conditioning adalah proses hair care dengan produk-produk perawatan rambut yang bernutrisi.

Proses ini dapat mengembalikan kelembaban rambut, memperkuat setiap helai rambut, dan mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh bahan kimia dan produk styling rambut. 

Cara melakukan deep conditioning cukup mudah yaitu pilihlah produk deep conditioner yang sesuai dengan kondisi rambut Anda. Sebelum melakukannya, cucilah dulu rambut Anda hingga bersih. Kemudian aplikasikan deep conditioner dari tengah hingga ujung rambut.

Diamkan selama kurang lebih 30 menit agar nutrisi dari produk bisa terserap oleh rambut. Anda bisa memanfaatkan suhu hangat untuk membantu proses penyerapan, misalnya membungkus rambut dalam handuk hangat. Setelah itu, bilas rambut dengan air dingin sampai bersih.

keramas

Baca Juga: Ketahui Manfaat dan Cara Pakai Face Roller untuk Perawatan Kulit Wajah

3. Memijat Kulit Kepala dengan Serum Rambut

Setelah menggunakan keratin sampo dan deep conditioning, dilanjutkan dengan memijat kulit kepala dengan serum rambut. Sama seperti serum untuk kulit wajah, hair serum mengandung bahan aktif yang diformulasikan khusus agar bisa terserap sempurna ke dalam rambut Anda.

Saat Anda rutin menggunakan hair serum, Anda bisa lebih mudah mengontrol rambut kusut dan melindungi rambut dari polutan lingkungan yang dapat merusak rambut.

Anda bisa memilih hair serum yang mengandung keratin yang cocok untuk rambut yang rusak atau bercabang. Saat mengoleskan hair serum, Anda bisa memijat ke kulit kepala secara lembut agar nutrisi hair serum terserap dengan baik dan membuat rambut Anda makin sehat.

4. Menggunakan Hair Mask 

Cara perawatan keratin rambut selanjutnya adalah menggunakan hair mask secara rutin. Sama seperti masker wajah yang dapat menutrisi kulit, hair mask juga bekerja dengan cara yang sama untuk meningkatkan kesehatan rambut Anda.

Hair mask sebenarnya tidak jauh berbeda dengan deep conditioner. Bedanya dengan conditioner instan, hair mask biasanya mempunyai tekstur yang lebih pekat dan harus menunggu selama 20 menit hingga beberapa jam saat mengaplikasikan hair mask ke rambut Anda. 

5. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Cara perawatan keratin rambut lainnya adalah mengonsumsi makanan bergizi. Keratin bukanlah protein yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan tertentu. Tubuhlah yang bekerja membentuk keratin dengan memecah berbagai vitamin dan protein dari makanan yang Anda makan.

Dengan mengonsumsi makanan kaya protein, bioitin, vitamin A, vitamin D, dan asam lemak omega 3 tubuh akan mendapatkan asam amino yang dibutuhkan untuk membentuk struktur protein tertentu dalam tubuh Anda, seperti keratin. Anda bisa mendapatkan protein dari daging merah, ikan, yogurt, susu, telur, dan kacang-kacangan.

 

Selanjutnya: Selain Ikan Cupang, Daun Ketapang Juga Bermanfaat untuk Ikan Hias

Editor: Rizka Noveliana
Terbaru