HOME, Bugar

Ikuti 5 Cara Mengangkat Sel Kulit Mati di Wajah, Tidak Sulit!

Ikuti 5 Cara Mengangkat Sel Kulit Mati di Wajah, Tidak Sulit!

MOMSMONEY.ID - Kulit wajah terlihat kusam dan bertekstur kasar, mungkin saja sel kulit mati di wajah menumpuk, moms. Sehingga, Anda perlu mengangkat sel kulit mati tersebut agar kulit kembali cerah dan lembut. 

Anda bisa melakukan cara tersebut di rumah dengan produk-produk skincare yang kini semakin mendukung. Melansir dari herworld.co.id, ada lima cara untuk mengangkat sel kulit mati di wajah yang bisa Anda coba lakukan.

Ada apa saja, ya? Yuk, cari tahu infonya di sini: 

1. Mengetahui jenis kulit wajah

Cara mengangkat sel kulit mati pertama adalah mengetahui jenis kulit wajah. Sebelum menentukan jenis eksfoliator yang tepat untuk kulit, pastinya Anda harus mengetahui jenis kulit wajah yang dimiliki.

 Anda juga harus mengerti bahwa jenis kulit bisa berubah akibat berbagai faktor seperti usia, kondisi cuaca, hingga gaya hidup. Jenis kulit wajah ada lima macam seperti sensitif, kombinasi, berminyak, kering dan normal. 

2. Gunakan Physical Scrub

Selanjutnya, gunakan physical scrub untuk mengangkat sel kulit mati di wajah. Physical scrub adalah produk wash-off dengan ekstra bulir kecil di dalamnya. Kini, banyak produk yang menawarkan mampu mengangkat sel kulit mati hanya dalam beberapa menit saja. 

Menggunakan produk physical scrub harus ekstra hati-hati. Seba, jika Anda menggosok terlalu kuat, kulit malah bisa menjadi iritasi dan luka, serta skin barrier-nya akan terganggu.

Pastikan Anda menggosokkan produk ini secara lembut, perlahan, dan tidak terlalu lama. Gunakan maksimal dua kali dalam satu minggu.

Baca Juga: Jangan Asal Pilih Susu, Simak Dulu Saran Ahli Gizi Ini

3. Lakukan Eksfoliasi dengan Beauty Gadget

Cara mengangkat sel kulit mati selanjutnya dengan menggunakan beauty gadget. Beauty gadget dipercaya bisa mengangkat sel kulit mati sekaligus melalukan deep cleansing terhadap kulit Anda. Biasanya, beauty gadget dibuat untuk menggantikan dan meningkatkan fungsi washcloth atau waslap. 

Namun, Anda tetap harus berhati-hati dalam memilih gadget yang tepat. Sebaiknya, pilih produk dengan teknologi anti bakteri atau self cleaning agar kebersihan gadget tetap terjaga dengan baik dan tidak memunculkan masalah baru. 

4. Cara lain : Gunakan Chemical Exfoliation

Menggunakan chemical exfoliation adalah cara mengangkat sel kulit mati paling aman karena tidak melakukan eksfoliasi secara fisik.

Produk chemical exfoliation memang sudah dirancang khusus untuk mengangkat sel kulit mati.

Sama seperti jenis eksfoliasi lainnya, sebaiknya Anda melakukannya maksimal dua kali dalam seminggu agar skin barrier tetap terjaga dan tidak menjadikan kulit semakin sensitif. 

Produk chemical exfoliation adalah perawatan yang memiliki kandungan AHA, BHA, PHA, Enzymes, dan Retinol.

Semua kandungan tersebut sangat aman digunakan bagi kulit, tetapi Anda harus tetap mengikuti petunjuk penggunaannya secara teliti.

Produk yang hadir dengan kandungan tersebut pun semakin beragam seperti toner, serum, masker, hingga wash off treatment yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

5. Oleskan Sunscreen Setiap Waktu 

Cara mengangkat sel kulit mati terakhir, yaitu oleskan susncreen setiap waktu. Jangan lupana produk ini yang dapat melindungi kulit Anda dari paparan sinar UV. 

Memang eksfoliasi sebaiknya dilakukan di malam hari karena akan menunjang proses regenerasi kulit saat Anda tidur, namun keesokan harinya kulit cenderung lebih sensitif terhadap sinar matahari. Olesh karena itu, gunakan sunscreen walau hanya berada di rumah saja. 

Selanjutnya: 4 Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Kering dan Sensitif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News