HOME, Keluarga

Ikuti 4 Tips Makeup Ini untuk Menghaluskan Kulit Wajah yang Bertekstur, Auto Mulus!

Ikuti 4 Tips Makeup Ini untuk Menghaluskan Kulit Wajah yang Bertekstur, Auto Mulus!

MOMSMONEY.ID - Tekstur kulit yang tidak merata dapat terjadi karena penumpukan sel kulit mati yang berlebihan. Saat sel kulit mati menumpuk dan tidak disingkirkan, kulit pun akan menjadi kering, bersisik, dan bergelombang saat disentuh. Faktor-faktor seperti paparan sinar matahari yang berkepanjangan, penuaan, eksim, dan kekeringan juga dapat memengaruhi tekstur kulit sekaligus membuatnya kasar dan tidak rata.

Untuk memperbaiki tampilan kulit wajah yang bertekstur, langkah pertama yang harus Anda lakukan tentunya melakukan eksfoliasi baik menggunakan face scrub, peeling serum, atau exfoliating toner.

Nah, selain menerapkan rutinitas skincare, Anda juga bisa mencoba 4 tips makeup yang dilansir dari BeBeautiful ini untuk membantu menghaluskan kulit yang bertekstur supaya terlihat smooth dan flawless. Yuk, simak!

Baca Juga: Tips Membangun Kedekatan dengan Segelas Kopi

1. Pakai primer silikon

Primer

Silikon adalah bahan yang sangat baik untuk membantu menyamarkan kulit bertekstur. Tidak hanya mampu mengunci hidrasi dan kelembaban untuk menjaga kulit tetap kenyal, silikon juga dapat membantu mengisi pori-pori pada kulit serta mengaburkan ketidaksempurnaan. Dengan menggunakan primer berbahan silikon sebelum mengaplikasikan foundation, tampilan kulit Anda pun akan terlihat lebih halus dibandingkan tidak menggunakannya sama sekali.

Untuk mengaplikasikan primer jenis ini, gunakanlah brush foundation yang runcing atau bisa juga menggunakan jari yang bersih. Tak perlu berlebihan, cukup ambil primer silikon seukuran kacang polong lalu oleskan pada area wajah yang dipenuhi tekstur dan berpori-pori besar.

2. Gunakan liquid foundation

Liquid Foundation

Mengoleskan cream foundation yang matte dan tebal pada kulit bertekstur hanya akan membuat kulit terlihat cakey dan semakin jelas tampilan teksturnya. Sebagai gantinya, Anda dapat mencoba foundation berbasis cair karena foundation jenis ini memiliki formula yang buildable sehingga sangat ideal untuk kulit bertekstur.

Supaya hasilnya maksimal, aplikasikan liquid foundation pilihan Anda menggunakan beauty blender dengan cara ditepuk-tepuk. Pastikan Anda memulainya dengan menerapkan lapisan foundation secara tipis terlebih dahulu. Jika coverage yang dihasilkan masih terlihat kurang, barulah Anda bisa menambahkan lapisan demi lapisan foundation lagi hingga coverage-nya mencapai level yang Anda inginkan.

3. Aplikasikan concealer secukupnya

Concealer

Usai melapisi wajah Anda dengan beberapa lapis foundation, selalu ingat untuk tidak menggunakan terlalu banyak concealer setelahnya ya Moms. Alih-alih menggunakan concealer ke seluruh wajah, sebaiknya aplikasikan secukupnya saja pada area yang memang membutuhkan coverage ekstra seperti bawah mata atau bekas jerawat.

Aplikasikan concealer dengan sikat yang presisi, lalu tepuk-tepukkan produk yang sudah dioles dengan lembut guna mencegah produk bergeser.

4. Baurkan translucent powder untuk mengunci

Translucent powder

Penggunaan bedak tabur tidak hanya bisa dilakukan di akhir prosesi makeup. Anda juga bisa menggunakan bedak tabur berwarna translucent setelah mengaplikasikan primer, foundation, dan concealer. Adapun penggunaan translucent powder berguna untuk mengunci produk complexion yang ada di bawahnya tanpa merusak warna asli foundation. Selain itu, translucent powder juga dapat membantu mengisi lekukan pada permukaan kulit sekaligus memberikan tampilan yang rata pada kulit bertekstur.

Pertama-tama, baurkan bedak secukupnya ke seluruh wajah Anda menggunakan brush yang halus. Kemudian, ratakan bedak dengan menggunakan angled brush atau kabuki brush untuk hasil akhir yang maksimal.

Bagaimana, Moms? Cukup mudah, bukan? Yang pasti, jangan lupa untuk dipraktikkan ya!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News