HOME, Keluarga

Ikan Hias Peliharaan Anda Malas Makan? Ini 6 Cara Mengatasinya!

Ikan Hias Peliharaan Anda Malas Makan? Ini 6 Cara Mengatasinya!

MOMSMONEY.ID - Tentunya akan menjadi masalah, bila ikan hias Anda tidak mau makan. Sebab, ikan yang menolak makan bisa jadi merupakan tanda bahwa ikan sedang stres atau mengidap suatu penyakit.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak meremehkan dan segera mengatasinya. Sebelum mengatasinya, Anda juga perlu mengetahui penyebabnya. Ada beberapa hal yang menyebabkan ikan tidak nafsu makan.

Di antaranya karena masalah kualitas air akuarium yang tidak baik atau ikan bosan dengan makanannya. Jika Anda sudah menemukan apa penyebabnya, Anda bisa mulai mengatasinya. Nah, ini 6 tips mengatasinya.

Baca Juga: 5 Hal yang Menyebabkan Ikan Hias Akuarium Tidak Mau Menyantap Makanannya

Memastikan Ikan Sehat dan Nyaman

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengatasi ikan yang tidak mau makan adalah memastikan semua ikan di akuarium sehat dan nyaman. Dilansir dari Fish Care Guide, Anda mungkin harus menyiapkan akuarium karantina terpisah untuk ikan yang sakit, terluka, hamil, atau sangat agresif untuk melindungi ikan yang lain.

Sebab, saat ada masalah terjadi, ikan harus dipisahkan agar tidak memengaruhi ikan lainnya. Anda juga harus mengeluarkan ikan dari akuarium saat menemukan masalah lain yang disebabkan oleh parameter airnya. Misalnya, air mengandung bahan kimia tertentu, air terlalu dingin atau panas, dan sebagainya.

Jaga Kondisi Air di Dalam Akuarium Tetap Baik

Air akuarium yang kotor dapat disebabkan oleh kotoran ikan itu sendiri atau sisa-sisa makanan yang tidak termakan. Ini menyebabkan kadar amoniak menjadi nak dan menyebabkan masalah pada ikan, salah satunya tidak mau makan.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga selalu kondisi air di akuarium, membersihkan akuarium secara berkala, dan menyediakan filterasi untuk menjaga kebersihan air. Kondisi dan kualitas air yang baik akan membuat ikan nyaman dan sehat, sehingga mereka makan dengan lahap.

Gunakan Heater untuk Akuarium

Salah satu penyebab ikan tidak mau makan bisa jadi karena airnya terlalu dingin atau terlalu panas. Gunakan heater untuk menjaga suhu air tetap stabil. Biasanya, ikan hias akuarium menyukai suhu air 28-29 derajat Celcius. Heater juga dapat mencegah stres pada ikan.

Gunakan Aerator untuk Akuarium

Ikan yang kehilangan nafsu makan bisa jadi karena kekurangan kadar oksigen dalam air. Untuk mengatasinya, Anda dapat memberikan oksigen tambahan dengan alat aerator. Atur aerator di tempat yang minim oksigen, misalnya di dasar akuarium. Semakin kecil gelembung oksigen yang dihasilkan, maka akan semakin bagus.

Ganti Menu Makanan

Sama seperti hewan lainnya, ikan pun bisa merasa bosan makan makanan yang sama berulang-ulang. Cobalah untuk mencampur makanan mereka dengan makanan hidup daripada hanya menggunakan pelet. Sesuatu yang bergerak akan membuat mereka lebih tertarik untuk melahapnya.

Baca Juga: Ingin Akuarium Terlihat Cantik dengan Substrat? Perhatikan Tipsnya Berikut Ini

Batasan dalam Memberi Makan Ikan

Ikan di alam liar akan sering makan kapan pun mereka merasa lapas, ikan di akuarium pun merasakan hal yang sama. Oleh karena itu, memberi makan secara berlebihan sebenarnya tidak masalah. Sebab, ikan akan berhenti makan saat mereka kenyang. Namun, hati-hati untuk setiap sisa makanannya yang mengapung atau tenggelam karena dapat menyebabkan kadar amoniak naik!

Perhatikan seberapa sering Anda perlu memberi makan ikan. Ini bergantung dengan spesies ikan yang Anda pelihara. Umumnya, Anda dapat memberi makan ikan sehari dua kali, yakni pagi dan sore. Usahakan jumlah makanan yang diberikan sangat kecil, sehingga tidak terbuang sia-sia. Jika ikan masih berada di permukaan, berilah lagi sedikit demi sedikit, karena mungkin mereka masih ingin makan.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News