HOME, Keluarga

Ikan Hias di Akuarium Sering Berkelahi? Berikut Cara Mengatasinya!

Ikan Hias di Akuarium Sering Berkelahi? Berikut Cara Mengatasinya!

MOMSMONEY.ID - Setiap orang yang memelihara ikan hias di akuarium tentu mendambakan ketenangan. Namun, ini tidak selalu berjalan sesuai yang diharapkan karena ikan hias juga dapat berkelahi satu sama lain.

Ikan bisa bertarung karena berbagai alasan. Sebagian besar disebabkan perebutan wilayah. Alasan lainnya adalah kawin, terlalu banyak ikan dalam akuarium, atau rasio jenis kelamin ikan atau spesies ikan yang tak imbang.

Setelah Anda mengetahui beberapa penyebab umumnya, Anda dapat melakukan pencegahan terhadap perkelahian ini. Dilansir dari Aquarium Genius, ini cara mengatasinya.

Baca Juga: Ikan Hias di Akuarium Suka Berkelahi? Ini Kemungkinan 4 Penyebabnya!

Penelitian Spesies Ikan yang Akan Dipelihara

Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah perkelahian atau agresi. Dengan meneliti spesies ikan yang Anda rencanakan untuk ditambahkan dalam akuarium, akan menghindarkan perkelahian ikan yang bisa mematikan.

Sebab, perlu diketahui tidak semua spesies ikan cocok hidup bersama dalam satu lokasi. Pastikan Anda membeli dari toko ikan hias yang berkualitas dan jujur. Mereka pasti akan memberi tahu Anda ikan mana yang dapat hidup dengan baik ketika bersama.

Kendati demikian, pengetahuan tentang spesies ikan yang akan Anda beli tetap perlu Anda ketahui.

Memisahkan Ikan

Ketika Anda melihat ada ikan yang mengganggu ikan lain, baik mengejar, menyeruduk, maupun menggigit, ini jelas bukan hal yang menyenangkan. Anda perlu memisahkan ikan ke akuarium terpisah untuk memberinya “waktu istirahat” hingga beberapa waktu.

Tak diketahui mengapa, tetapi ini selalu menjadi cara yang berhasil. Setelah beberapa hari tinggal di tangki terpisah, masukkan lagi ikan bersama. Namun, tidak semua kasus kembali dengan damai. Terkadang ikan yang menjadi korban harus tetap dipisahkan untuk keselamatan dirinya.

Menambahkan Ikan

Rasio jumlah jenis kelamin ikan atau spesies ikan yang tidak imbang dapat menyebabkan pertengkaran. Maka, cara yang tepat untuk mengatasinya adalah mengganti atau menambahkan ikan. Setidaknya, Anda memiliki lebih dari dua spesies ikan dalam satu akuarium untuk membantu mengalihkan perhatian.

Mereka akan mengalihkan perhatian mereka ke jenis mereka sendiri atau ikan lain.  Ikan dalam jumlah yang lebih banyak (dalam akuarium yang besar tentunya), akan menunjukkan sedikit agresi.

Baca Juga: Hal-Hal yang Dapat Menyebabkan Ikan Akuarium Ogah Makan

Mengatur Ulang Isi Akuarium

Ini dilakukan ketika akuarium Anda adalah sumber masalah dari ikan yang agresi dan berkelahi. Misalnya, kepadatan ikan, kurangnya lokasi bersembunyi, dan dekorasi yang mengganggu ikan. Terutama bagi ikan-ikan yang bertelur.

Mainan visual yang memiliki cermin di dalamnya, atau cermin yang ditempatkan di dekat akuarium sebaiknya dilepaskan. Sebab, beberapa ikan hias seperti ikan cupang dikenal agresif menanggapi refleksi dirinya sendiri. Ini juga menghindarkan ikan dari pemicu stres yang membuatnya menyerang mainan atau pantulannya di cermin.

Pemberian Makanan yang Cukup

Perkelahian ikan juga dapat disebabkan oleh kurangnya pemberian makanan, sehingga mereka saling berebut. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengetahui dengan pasti kebutuhan pakan ikan untuk setiap spesies dan ukurannya.

Memperhatikan setiap ikan saat sedang memberi makan juga perlu dilakukan untuk memastikan semua ikan mendapatkan makanan dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News