HOME, InvesYuk

IHSG Tampak Sumringah di Akhir Pekan

IHSG Tampak Sumringah di Akhir Pekan

MOMSMONEY.ID - Menutup pekan ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir menguat 34,35 poin atau 0,52% ke 6.645,51. Pada akhir perdagangan Jumat (28/1) sebanyak 296 saham naik, 244 saham turun dan 142 saham stagnan.

Sembilan indeks sektoral menguat, menopang kenaikan IHSG. Indeks sektoral dengan kenaikan terbesar adalah IDX Sektor Transportasi yang naik 4,34%, IDX Sektor Teknologi naik 2,19% dan IDX Sektor Barang Konsumen Non Primer yang naik 1,42%.

Sementara itu, satu indeks sektoral tergelincir ke zona merah yakni IDX Sektor Barang Konsumen Primer yang turun 0,12%.

Total volume perdagangan saham di bursa hari ini mencapai 21,63 miliar saham dengan total nilai Rp 11,21 triliun.

Baca Juga: Ketahui 5 Cara Merawat Kulit Kombinasi dengan Produk-Produk Skincare

William Hartanto, Analis Panin Sekuritas melihat IHSG bergerak sideways cenderung menguat karena berkurangnya kekhawatiran investor akan normalisasi kebijakan moneter. Hal ini terlihat dari meningkatnya CBOE volatility index (VIX) yang tercatat meningkat diatas level 30 atau tertinggi sejak Oktober 2020.

Selain itu, pelaku pasar mendapat informasi akan rilis data pertumbuhan ekonomi di Amerika Serikat (AS) yang meningkat 6,9% pada kuartal IV-2021. "Hal ini membawa performa tahunan tumbuh signifikan dimana capaian ini performa terbaik sejak 1984. Namun, patut dicermati bahwa perekonomian diperkirakan akan tumbuh lebih rendah tahun ini. Atau naik 3,7%," ucapnya dalam riset, Jumat (28/1).

Baca Juga: Tak Hanya Cantik, Ini 5 Keuntungan Punya Kolam Ikan di Rumah!

Disamping itu, sentimen yang menguatkan laju IHSG di akhir perdagangan Jumat kata William adalah potesi perbaikan ekonomi setelah beberapa negara mengurangi pembatasan sosial. William mencermati investor merespon positif potensi perbaikan ekonomi di beberapa negara Asia.

"Hongkong telah memperpendek karantina menjadi 14 hari dari sebelumnya di 21 hari. Namun tetap melakukan pelarangan ke beberapa negara seperti AS, UK, Australia dan Filipina," ujarnya.

Pada awal pekan depan, Senin (31/1), William perkirakan IHSG bergerak cenderung menguat pada rentang 6.530 sampai 6.754. Adapun saham-saham yang bisa dicermati pelaku pasar yakni BBNI, BMRI, BRMS, EXCL, dan PWON.

Baca Juga: Promo Liburan BRI, Dapatkan Diskon Semua Produk Mister Aladin s.d Rp150.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News